1. HOME
  2. NEWS
PERTAMINA

Pertamina Jual BBM Jenis Baru Bernama Dexlite

Dexlite memiliki angka Cetane 51 dengan kandungan sulfur maksimal 1.200 ppm.

By Rohimat Nurbaya 16 April 2016 13:06
SPBU Pertamina (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - PT Pertamina (Persero) menjual bahan bakar minyak (BBM) jenis baru bernama Dexlite. Pada tahap uji pasar ini BBM jenis Dexlite dijual di 33 SPBU tersebar di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

Pelaksanaan uji pasar ditandai dengan pengisian perdana Dexlite pada kendaraan di SPBU 31.1.26.01 Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang, Jumat 15 April 2016.

"Dexlite merupakan varian produk bahan bakar Diesel yang diformulasikan Pertamina untuk konsumen pengguna kendaraan bermesin diesel yang populasinya semakin meningkat," kata Dwi Soetjipto dikutip dari laman resmi PT Pertamina.

Dia menuturkan, sejalan dengan makin ketatnya batasan emisi gas buang, Dexlite akan menyasar segmen pengguna Solar dan Pertamina Dex.

"Ini merupakan bentuk inisiatif dan inovasi pemasaran Pertamina untuk merespons perkembangan pasar kendaraan diesel di Tanah Air," tuturnya.

Dwi menjelaskan, Dexlite memiliki angka Cetane 51 dengan kandungan sulfur maksimal 1.200 ppm atau lebih tinggi dibandingkan dengan Solar dengan angka Cetane Number 48 dan kandungan sulfur maksimal 3.500 ppm.

Kemudian Pertamina Dex yang dikenal sebagai produk bahan bakar diesel terbaik di Indonesia saat ini, memiliki angka Cetane Number 53 dengan kandungan sulfur maksimal 500 ppm.

"Sebagai pilihan produk baru, Dexlite memang memiliki kualitas di atas Solar, namun harga tetap terjangkau oleh konsumen dan ramah terhadap lingkungan," ucapnya.

Dia menegaskan, dengan hadirnya Dexlite, berarti Pertamina telah berkontribusi positif membantu pemerintah dalam mengurangi penggunaan Bahan Bakar Bersubsidi Solar.

Uji pasar akan dilaksanakan serentak pada hari ini di 33 SPBU yang tersebar di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten, sejak jauh-jauh hari telah dilakukan sosialisasi dan pelatihan kepada personel SPBU mengenai produk Dexlite.

Pada masa tes pasar, Pertamina menyediakan Dexlite sebanyak 10 kiloliter hingga 15 kiloliter per hari di masing-masing SPBU. Kata dia, Pertamina juga telah mempersiapkan infrastruktur Terminal BBM, armada mobil tangki, dan infrastruktur IT serta fasilitas lainnya untuk mendukung kelancaran operasional uji pasar.

"Instalasi Jakarta Group telah siap menyalurkan Dexlite dengan kapasitas 1.000 kiloliter per hari," ucapnya.

Kemudian untuk pengiriman dari Terminal BBM ke SPBU juga telah disiapkan mobil tangki multipurpose sehingga dengan adanya tambahan produk baru Dexlite ini tidak akan mengganggu pengiriman produk BBM lainnya.

"Kami berharap produk Dexlite dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan mendapatkan respon positif di pasar," imbuhnya.

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang, mengatakan pihaknya juga meminta testimoni dari konsumen tentang produk Dexlite sebagai masukan bagi Pertamina dalam meningkatkan pelayanan, khususnya dalam menyediakan Bahan Bakar mesin Diesel dengan pembakaran yang lebih baik.

"Kami ingin memberikan bahan bakar membuat mesin lebih bertenaga serta memiliki harga yang terjangkau bagi konsumen," kata Bambang.

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section