1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Catat, 5 Kutipan Bung Karno Agar Sukses di Tempat Kerja

Beberapa dekade lalu, wejangan Presiden pertama Indonesia ini berhasil membuat rakyat semangat untuk membela negara.

By Abdul Kharis 22 Agustus 2016 07:55
Soekarno (penasoekarno.wordpress.com)

Money.id - Soekarno atau Bung Karno selalu menginspirasi orang banyak untuk bangkit meraih mimpi dengan kata-katanya. Beberapa dekade lalu, wejangan Presiden pertama Indonesia ini berhasil membuat rakyat semangat untuk membela negara dan mempertahankan kesatuan bangsa.

Mengutip dari qerja.com, Senin, 22 Agustus 2016, sampai saat ini, sejumlah kutipan beliau pun masih bisa diterapkan di tempat kerja untuk memacu semangat Anda.

Berikut adalah lima kutipan Bung Karno untuk para pekerja masa kini yang ingin sukses di tempat kerja.

1. "Gotong royong adalah pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama, perjuangan bantu-membantu bersama. Amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua."

Seperti kata Bung Karno, sebuah perusahaan adalah hasil kerja sama tim yang saling membantu pergerakannya hari demi hari. Anda mungkin merasa porsi pekerjaan Anda terasa kurang berarti, tapi setiap anggota punya perannya sendiri yang membantu menggerakkan roda-roda mekanisme perusahaan.

Walau tidak terlalu terasa, hasil kerja optimal Anda akan mengembangkan perusahaan untuk mencapai tujuannya dan di penghujung hari. Keuntungannya pun dapat dinikmati seluruh lapisan sesuai tanggung jawab dan hak masing-masing.

2. "Negeri kita kaya, kaya, kaya-raya, saudara-saudara. Berjiwa besarlah, berimagination. Gali! Bekerja! Gali! Bekerja! Kita adalah satu tanah air yang paling cantik di dunia."

Intinya di sini adalah untuk tidak berhenti mencoba dan menggali potensi Anda. Kembangkan sayap Anda dan buka diri untuk segala peluang yang ada. Di tengah perjalanan ini, mungkin Anda akan menambatkan hati pada satu jalur karier.

Jika tidak, Anda tetap akan mendapat pengalaman hidup yang kaya.

3. "Jikalau ingin menjadi satu bangsa yang besar, ingin menjadi bangsa yang mempunyai kehendak untuk bekerja, perlu pula mempunyai "imagination!"... Kita yang dahulu bisa menciptakan candi-candi besar seperti Borobudur dan Prambanan, terbuat dari batu yang sampai sekarang belum hancur, kini kita telah menjadi satu bangsa yang kecil jiwanya, saudara-saudara!"

Senada dengan kutipan sebelumnya, Anda adalah individu yang penuh potensi, tapi mungkin mudah puas dengan apa yang dimiliki. Poin wejangan ini mengatakan Anda bisa mendapatkan lebih, asalkan jangan pernah merasa puas di tempat kerja.

Galilah potensi Anda lebih dalam agar terus mendapatkan hasil kerja yang maksimal.

4. "Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam."

Sesuatu yang Anda rasa benar-benar penting tentu pantas dihargai dengan cucuran usaha maksimal dan waktu memadai untuk mendapatkannya. Ingin promosi atau kenaikan gaji? Jangan harap apabila hanya dengan usaha yang begitu-begitu saja dan minimal.

Ingat, penghargaan ekstra membutuhkan usaha yang besar pula. Mintalah tanggung jawab lebih dari pekerjaan Anda dan beri hasil optimal.

5."Bunga mawar tidak mempropagandakan harum semerbaknya, dengan sendirinya harum semerbaknya itu tersebar di sekelilingnya."

Seperti kutipan di atas, bila Anda memang bagus di tempat kerja, biarkan hasil pencapaian yang bicara. Tidak perlu repot menjadi 'humas' diri sendiri.

Cukup kumpulkan poin-poin prestasi Anda dengan hasil kerja yang konsisten dan berkualitas.


Baca Juga:

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section