1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Agar Dompet Tak Makin 'Tipis', Lakukan Penghematan dengan Cara Ini

Dengan berhemat secara tidak langsung akan memulihkan keuangan Anda menjadi lebih sehat.

By Dian Rosa 22 Agustus 2016 16:20
Ilustrasi Berhemat (blog.credit)

Money.id - Masih ada waktu beberapa hari lagi sampai Anda mendapatkan gaji bulan ini. Namun sayangnya uang di dompet maupun ATM Anda sudah mulai menipis. Satu-satunya cara untuk menangani masalah tersebut adalah dengan cara berhemat.

Dengan berhemat secara tidak langsung akan memulihkan keuangan Anda menjadi lebih sehat. Lalu bagaimana caranya mengatasi situasi genting menjelang gajian ini? Berikut tips menghemat pengeluaran Anda sampai waktu gajian tiba yang dikutip dari Cermati.com, Senin 22 Agustus 2016.

Disiplin

Kunci untuk berhemat di akhir bulan ini, adalah disiplin mengaturnya. Saat Anda memutuskan untuk berhemat, pastikan hemat Anda tidak hanya bertahan seminggu saja, tapi terus berlanjut. Disiplinlah mengatur uang dengan cara sederhana seperti berbelanja sesuai dengan kebutuhan.

Catat Pengeluaran Secara Berkala

Peduli terhadap pendapatan dan berpikir bagaimana meningkatkan pendapatan itu bagus, tapi belajarlah juga untuk perhatikan pengeluaran Anda. Cara ini penting agar hidup hemat Anda berjalan dengan seimbang.

Cara sederhananya, sediakan buku catatan kecil khusus untuk catatan keuangan harian atau mingguan Anda, atau Anda bisa menggunakan catatan di notebook ponsel pintar. Rutin, catat semua pengeluaran harian, atau per minggunya selama sebulan.

Siapkan Rekening Alternatif

Rekening alternatif ternyata bisa membantu Anda untuk berhemat dan mengatur keuangan lebih baik. Buatlah rekening tabungan alternatif tanpa akses kartu ATM.  

Setiap kali rekening tabungan menerima gaji bulanan, segera transfer nominal tertentu ke rekening tabungan alternatif, atau aktifkan saja opsi transfer otomatis agar tidak repot kirim manual. Jangan lupa, setiap kali menerima bonus, segera setor langsung uang Anda ke rekening alternatif.

Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja yang harus dilakukan untuk berhemat, klik link berikut ini.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section