1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Tips Tentukan Modal Perlengkapan untuk Memulai Usaha Kuliner

Berikut tips menentukan peralatan dan perlengkapan untuk memulai usaha kuliner pertama kali.

By Azalia Amadea 13 Agustus 2016 18:25
Ilustrasi bisnis kuliner (conduitrestaurant.com)

Money.id - Anda tertarik untuk membuka usaha di bidang kuliner? Hal terpenting yang perlu diingat untuk memulai usaha adalah jangan takut untuk memulainya.

Anda dapat memulai usaha kuliner dengan modal peralatan sederhana yang sudah dimiliki saat ini.

Misalnya, jika di rumah hanya ada kukusan, kocokan telur, dan kompor, Anda dapat membuat bolu kukus. Nantinya dari keuntungan yang didapat sisihkanlah untuk membeli peralatan dan perlengkapan lainnya yang belum Anda miliki.

Selain tips tersebut, masih ada beberapa tips lainnya yang dapat memudahkan Anda menentukan modal peralatan dan perlengkapan. Melansir laman bogasari.com Sabtu 13 Agustus 2016, berikut tips menentukan peralatan dan perlengkapan untuk memulai usaha kuliner pertama kali.

1. Jenis produk

Langkah pertama untuk memulai usaha adalah tentukan produk kuliner apa yang akan Anda jual. Semakin banyak jenis produk yang ingin dibuat maka semakin beragam peralatan yang dibutuhkan untuk membuatnya.

Untuk awal usaha misal kue tradisional (jajan pasar), apabila peralatan yang Anda miliki hanya kukusan, maka pilih jenis kue (jajan pasar) yang prosesnya dengan dikukus. Kue tradisional yang masaknya dengan cara dikukus seperti kue kukus, brownies kukus, lemper dan ragam kue kukus lainnya.

2. Jumlah produk

Jumlah produk yang bisa dibuat ditentukan oleh kapasitas optimal yang dapat dihasilkan dari peralatan memasak yang ada. Apabila Anda memperoleh pesanan, pastikan jumlah pesanan Anda sesuai dengan kapasitas produksi yang Anda miliki.

Sehingga Anda tidak mengalami penumpukan pesanan. Pastikan juga peralatan yang telah digunakan terawat dan tersimpan dengan baik sehingga umurnya panjang.

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section