1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

3 Siasat Ampuh Redakan Sakit Gigi Berlubang

Pertolongan pertama untuk sakit gigi berlubang yang bisa Anda lakukan di rumah .

By Adhi 21 Agustus 2016 19:17
Ilustrasi (md-health.com)

Money.id - Gigi berlubang bisa menyebabkan sakit gigi atau bahkan gusi bengkak. Jika sudah terlanjur sakit, maka rasanya akan sangat mengganggu.

Dilansir Reader's Digest, berikut adalah beberapa pertolongan pertama untuk sakit gigi berlubang yang bisa Anda lakukan di rumah sebelum mengunjungi dokter gigi:

1. Minyak cengkeh

Cengkeh adalah obat tradisional untuk mematikan saraf; senyawa kimia utama dari rempah-rempah ini disebut eugenol, yang bertindak sebagai anestesi alami. Tetapi minyak cengkeh harus digunakan dengan hati-hati. Jika Anda menuangkannya di tempat yang salah, itu dapat memperburuk rasa sakit Anda, terutama jika Anda menuangkannya di jaringan gusi yang sensitif atau di lidah Anda.

Sebaliknya, ambil kapas dan beri dua tetes minyak cengkeh. Kemudian sumpal lubang di gigi dengan kapas tersebut. Dalam keadaan darurat, Anda bisa menggunakan sedikit bubuk cengkeh untuk meredakan rasa sakit di gigi Anda.

2. Es batu

Bungkus es batu dengan kain tipis, dan kemudian letakkan pada gigi yang sakit selama sekitar 15 menit untuk mematikan saraf. Anda juga dapat meredakan rasa sakit di gigi dengan meletakkan es batu di pipi.

3. Air garam

Anda bisa membuat obat kumur dari satu sendok teh garam yang dilarutkan dalam secangkir air panas. Setelah agak hangat, gunakan itu untuk berkumur selama 30 detik. Itu bisa membantu mengurangi pembengkakan.

Inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nyeri karena sakit gigi. Namun, Anda tetap membutuhkan penanganan medis dari dokter gigi, karena cara di atas hanya bersifat meredakan nyeri bukan menyembuhkan keluhan Anda.

Baca juga:

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section