1. HOME
  2. FINANCE
PERTAMINA

Pertamina Bakal Hapus Bensin Premium 5 Tahun Lagi

Pertamina mengalami kerugian hingga Rp 12 triliun tahun lalu, disebabkan penjualan bensin jenis ini.

By Abdul Kharis 20 Februari 2016 14:24

Money.id - PT Pertamina (Persero) menyatakan belum bisa menghapus peredaran Premium. Pertamina mengaku baru bisa menghapus peredarannya lima tahun lagi.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto menyatakan pihaknya mengalami kerugian hingga Rp12 triliun akibat menjual bahan bakar jenis Premium. Di lain pihak, Pertamina masih belum mampu memproduksi bensin yang lebih baik dari Premium.

Sebab, Pertamina harus melakukan revitalisasi kilang-kilangnya terlebih dahulu agar bisa memproduksi bensin dengan kadar oktan yang lebih tinggi seperti Pertamax.

"Pertamina akan siap saja jika RDMP kilang-kilang ini selesai. Jadi di tahun 2021 baru bisa Premium dihapus," ujar Dwi seperti dikutip dari laman Katadata.

Untuk itu, saat ini Pertamina sedang merevitalisasi dan moderenisasi empat kilang lamanya lewat program Refining Development Masterplan Program. Empat kilang tersebut adalah Kilang Cilacap, Kilang Balongan, Kilang Balik Papan dan Kilang Dumai. Pengerjaan program RDMP memerlukan waktu hingga lima tahun.

Sambil menunggu kesiapan menghapus Premium, Pertamina memberikan alternatif pilihan bensin lain kepada masyarakat. Alternatif ini adalah Pertalite dengan kualitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan Premium, dan harganya pun lebih murah dari Pertamax.

(ak/ak)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section