1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Tidur di Lantai? Sehat Loh

Menurut laman Boldsky, tidur di atas permukaan rata dan keras bisa membetulkan postur tubuh.

By Ita Malau 8 Oktober 2015 14:33
Tidur di permukaan keras itu justru sehat loh (Pixabay)

Money.id - Membaca judul di atas, kening Anda mungkin berkerenyit sambil bertanya-tanya dalam hati, betulkah? Betul, selama Anda memiliki tubuh yang sehat.

Dikutip dari laman Boldsky, tidur di atas permukaan yang keras dan rata, seperti lantai, sebetulnya lebih menyehatkan dibandingkan di atas kasur yang terlalu empuk. Namun, Anda memang tidak bisa langsung menemukan kenyamanan jika langsung beralih dari kasur super empuk.

Agar bisa 'menikmati' tidur di atas permukaan yang keras, Anda perlu bertahap. Sebagai transisi, Anda bisa memulai dengan matras. Lambat laun, Anda akan terbiasa dan bisa tidur senyenyak di kasur. Biasanya, butuh 3-6 hari bagi tubuh kita untuk terbiasa dengan 'kasur' yang keras.

Tapi, bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan, lebih baik konsultasi lebih dulu dengan dokter ya. Berikut daftar manfaat tidur di atas lantai versi Boldsky:

1. Mencegah sakit pinggang
Sejumlah pakar kesehatan menilai bahwa tulang belakang bisa tetap lurus dan bisa menyesuaikan dengan baik meski tidur di atas lantai. Tidur di atas permukaan keras inipun membantu mencegah sakit pinggang.

2. Insomnia?
Well, di beberapa studi mengungkap bahwa Anda pun bisa mengusir insomnia dengan tidur di lantai.

3. Bahu
Ketika bahu Anda salah posisi, hal itu menyebabkan sakit di bagian leher dan punggung Anda. Cobalah tidur di atas lantai dan luruskan tubuh Anda. Mekanisme healing pada tubuh Anda akan bekerja lebih baik.

4. Sirkulasi
Sirkulasi darah pun cenderung lebih baik seiring Anda terbiasa tidur di lantai. Selain itu koordinasi tubuh dan otak pun lebih baik. Ingat! Tidur itu tak lain dari sebuah sesi healing tubuh loh.

5. Rileks
Saat tidur di atas matras, tubuh Anda akan menyesuaikan diri, demikian pula saat beralih ke lantai. Tubuh Anda benar-benar bisa rileks. Lepaskan tensi Anda itu dengan tidur di lantai.

6. Pinggul
Ya, tidur di atas lantai pun bisa membantu Anda membetulkan posisi pinggul. Bukan rahasia lagi, tulang pinggul yang tak benar itu menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman.

7. Postur
Banyak orang yang salah dalam memosisikan postur tubuh, saat melakukan aktivitas mereka sehari-hari, termasuk saat tidur. Apalagi, mereka yang duduk di belakang meja selama berjam-jam.

Alhasil, sejumlah keluhan dan masalah pada postur pun muncul. Tahukah Anda, tidur di atas lantai akan membetulkan postur tubuh Anda secara perlahan.

(im/im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section