1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Awas, Jamur Kuku Ancam Kesehatan Anda

Jika tak segera diatasi, infeksi ini makin serius dan menyebar di luar kaki dan mengakibatkan komplikasi.

By Dian Rosalina 6 Oktober 2015 16:00
Ilustrasi kuku sehat (zerenitybeauty)

Money.id - Jamur kuku adalah organisme mikroskopis yang tak membutuhkan sinar matahari untuk bertahan hidup. Organisme itu tumbuh di wilayah atau lingkungan yang lembab, seperti di sepatu Anda.

Bila jamur itu berhasil berkembang biak dan masuk ke dalam tubuh (kuku), infeksi hanya tinggal menunggu hitungan hari. Setelah itu, nyeripun menyerang.

Jika tak segera diatasi, infeksi ini makin serius dan menyebar di luar kaki dan mengakibatkan komplikasi. Oleh karena itu, waspadalah saat menemukan tanda-tanda kehadiran jamur di kuku Anda.

Apa sih ciri-ciri jamur ini? Jamur bisa muncul dalam bentuk bintik putih atau kuning di kuku. Kemudian, kuku menebal, rapuh, kusam, dan kian berwarna gelap.

Dilansir laman Mayoclinic, Selasa 6 Oktober 2015, ada beberapa penyakit yang semakin memperparah jamur, salah satunya diabetes. 

Bukan hanya itu, infeksi selulitis dipastikan menyebabkan komplikasi yang lebih serius. Gejalanya seperti kulit merah dan bengkak. Dalam kasus yang lebih parah selulitis dapat masuk ke aliran darah dan mematikan. (ita)

 

 

 

(sm/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section