1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Khasiat Tersembunyi Daun Jambu

Punya masalah rambut rontok, ketombe, ujung rambut yang pecah-pecah? Daun jambu akan membantu Anda

By Ita Malau 29 September 2015 16:06
Daun Jambu batu (Pixabay)

Money.id - Jambu batu adalah salah satu buah yang memiliki manfaat segudang untuk kesehatan loh. Tak hanya buahnya, daun jambu pun menyimpan segudang manfaat untuk kebaikan tubuh, khususnya rambut.

Punya masalah rambut rontok, ketombe, atau ujung rambut yang pecah-pecah? Daun jambu akan membantu Anda.

Bahkan untuk urusan mengusir kutu rambut pun Anda bisa mengandalkan si daun hijau ini! Dikutip dari laman Bolsky, jus daun jambu yang pahit sanggup membunuh kutu dan telurnya.

Namun, perawatan dengan daun jambu ini jangan terlalu sering. Sekali sebulan sudah cukup untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Berikut masalah rambut yang bisa diatasi oleh daun jambu batu:

1. Rambut rontok
Cucilah rambut Anda dengan air yang mengandung ekstrak daun jambu selama periode tertentu. Hal ini akan membantu Anda mengurangi jumlah rambut rontok.

Saat mencuci rambut dengan air daun jambu, pijat secara lembut kulit kepala sehingga vitamin C dari daun itu masuk ke akar rumput.

2. Ketombe
Hancurkan daun jambu hingga bubuk, lalu tambahkan sedikit air. Gosok ramuan ke kulit kepala yang terasa gatal dan berketombe. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

3. Rambut bercabang
Ini masalah yang membuat senewen kan? Jika rambut bercabang ini sudah terlalu banyak, Anda bisa menggunakan pasta daun jambu.

Oleskan pasta ini ke ujung rambut yang pecah-pecah. Lalu, cuci dengan air hangat. Anda bisa menambahkan satu sendok teh madu ke dalam pasta ini.

4. Kutu
Kutu rambut biasanya ditemukan pada anak-anak. Campurkan daun jambu dan air, lalu blender. Seminggu sekali, gosok jus daun jambu ini ke kepala yang berkutu. Hentikan treatment ketika kutu sudah hilang.

5. Rambut berminyak
Tipe ini kerap membuat rambut mudah lepek dan terlihat berminyak. Ugh!

Untuk mengusirnya, rendam daun jambu berwarna hijau di dalam air panas, selama 20 menit. Lalu, bilas rambut Anda dengan daun dan air dan menghindari menggunakan sabun. Daun itu sendiri akan membersihkan rambut Anda dan menyingkirkan minyak yang berlebihan.

Baca Juga

(im/im)

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section