1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Barista Pemula, Wajib Tahu Lima Hal Ini

Anda sebaiknya memiliki peralatan manual brewing, seperti grinder, moka pot, syphon, dan french press dan tahu cara menggunakannya.

By Stella Maris 2 Oktober 2015 17:06
Barista (Specialtycoffee.com).

Money.id - Demi mendapatkan seduhan kopi dengan cita rasa tinggi, diperlukan keahlian dalam pembuatannya. Orang yang ahli dalam membuat kopi biasa disebut sebagai barista.

Eris Susandi, Barista dari Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) mengatakan untuk menjadi barista, tidak sulit. "Seorang barista harus paham kopi," kata Eris saat ditemui Money.id di Gedung Kementerian Industri, Kamis 1 Oktober 2015.

Nah, sudah siapkah Anda menjadi seorang barista? Berikut tipsnya:

1. Mencintai Kopi
Ketika akan menjadi seorang barista, Anda harus mencintai semua jenis kopi. Bukan hanya mencintai rasa dan aroma, tapi mengetahui darimana kopi itu berasal.

2. Peralatan Kopi
Bagi para barista pemula mengenali peralatan pembuat kopi adalah hal yang sangat penting. Anda sebaiknya memiliki peralatan manual brewing, seperti grinder, moka pot, syphon, dan french press, serta cari tahu juga bagaimana cara menggunakannya.

3. Berlatih
Rasa kopi tidak hanya pahit. Kopi memiliki cita rasa manis yang alami. Kopi arabika misalnya, memiliki beranekaragam karakteristik rasa selain asam, seperti nutty, cokelat, fruity, dan floral.

Nah, agar dapat membedakan rasa-rasa tersebut, Anda harus minum jenis kopi yang berbeda-beda setiap harinya selama sebulan. Hal itu membuat lidah peka terhadap rasa kopi.

4. Espresso
Espresso merupakan dasar seorang barista membuat kopi. Bila sudah dapat membuat minuman hasil esktraksi kopi dengan baik, maka Anda dapat melanjutkan ke teknik lain.

5. Teknik Membuat Kopi
Setelah mengetahui dasar-dasarnya, Anda dapat belajar bagaimana memilih biji kopi dengan kualitas terbaik. Pun mengatahui cara mengolah green bean menjadi roast bean.

 

Laporan: Dian Rosalina

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section