1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Awas, Ini Bahaya Teh Hijau Diet Bagi Tubuh

Berat badan memang turun, tapi muncul gejala pusing, nyeri di persendian, dan mual.

By Stella Maris 30 September 2015 11:00
Teh hijau (Pixabay).

Money.id - Seorang gadis asal Yaman menderita hepatitis usai mengonsumsi teh hijau yang dibelinya dari internet. Teh hijau yang dikonsumsi tiga kali sehari itu diklaim dapat menurunkan berat badan.

Beberapa kali mengonsumsi teh hijau, berat badannya memang turun. Namun lama kelamaan, tubuhnya mengeluarkan sinyal buruk. Remaja berusia 16 tahun itu mengeluh pusing, nyeri di persendian, dan mual.

Dokter mengira gadis itu menderita infeksi saluran kemih. Akan tetapi pusing, mual, dan nyeri di persendian tak kunjung sembuh. Dokter pun menambahkan dosis obat.

Kondisi kesehatan remaja itu kian memburuk, hingga akhirnya dia berkonsultasi di Departemen A&E Rumah Sakit Birmingham, Inggris. Saat diperiksa, kulit dan bola matanya menguning.

Berdasarkan catatan dokter, ternyata gadis itu menderita hepatitis, peradangan, dan pembengkakan di hati.

Diketahui hepatitis bisa terjadi pada seseorang mengonsumsi alkohol berlebihan dan menggunakan obat-obatan terlarang. Dapat pula tertular ketika melakukan transfusi darah. Namun hal itu dibantah keras oleh pasien.

"Saya tidak melakukan hal tersebut. Hanya saja belakangan ini, rutin minum teh hijau China yang dipesan online. Saya membeli dua boks berisi 100 kantong teh dan meminumnya tiga kali dalam sehari," kata gadis yang tak disebutkan namanya itu.

Setelah diselidiki, ternyata hepatitis dipicu dari teh hijau yang dia  konsumsi. Teh itu ternyata camellia sinensis, tanaman yang daun dan tunasnya dijadikan minuman herbal.

Remaja itupun harus menjalani pengobatan di rumah sakit selama dua bulan, demi mengembalikan fungsi hatinya. Tak hanya gadis dari negara jazirah Arab itu, dalam literatur medis terdapat puluhan kasus penyakit terkait teh hijau.

Tercatat, mereka jatuh sakit usai mengonsumsi teh hijau, baik dalam bentuk ekstrak, bubuk, atau pil teh yang dijadikan produk penurunan berat badan.

Pada dasarnya teh hijau kaya antioksidan dan polifenol yang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun sayang ada bahan lain yang ditambahkan dalam ramuan teh, dan berbalik menjadi racun bagi tubuh. (Ita)

Laporan: Dian Ardiahani

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section