1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Makanan Ampuh Atasi Gangguan Pencernaan

Pepaya adalah buah yang diyakini mampu mengatasai gangguan pencernaan. Begitu pula dengan buah yang mengandung pektin.

By Stella Maris 29 September 2015 13:48
Ilustrasi gangguan pencernaan (Roaar Magazine.com).

Money.id - Ketika sistem pencernaan mengalami gangguan, tubuh akan memberi sinyal seperti mual, muntah, kembung, sampai terjadinya refluks atau kenaikan asam lambung ke kerongkongan.

Bila sudah menunjukkan gejala tersebut, ada cara mengatasinya, yaitu dengan makan nasi putih tanpa lauk. Selain nasi, seperti dikutip laman Shape, Selasa 29 September 2015, ada beberapa makanan lain yang dapat mengatasi masalah di sistem pencernaan Anda:

1. Pisang
Pisang sangat direkomendasikan untuk memenuhi kecukupan energi Anda. Selain mudah dicerna, pisang tak mengganggu pencernaan karena mengandung pektin.

Pektin merupakan karbohidrat kompleks alami pada dinding sel yang berfungsi mengatur aliran air antar sel dan kekakuan sel.

2. Pepaya
Sudah menjadi rahasia umum bahwa pepaya adalah buah yang dapat melancarkan pencernaan, seperti sembelit. Fakta pepaya dapat meredakan gangguan pencernaan, karena buah ini memiliki enzim papain dan chymopapin yang dapat memecah protein dan menghasilkan zat asam sehat.

3. Apel
Setelah pisang, apel adalah buah yang kaya pektin. Bila Anda sedang diare cobalah mengonsumsi apel untuk meredakan intensitasnya.

4. Jahe
Sejumlah penelitian menunjukkan, jahe bekerja baik sebagai obat anti mual dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Rekomendasi pengonsumsiannya adalah empat gram jahe setiap hari. Lebih nikmat bila satu gram bubuk jahe atau jahe potong dicampurkan dengan secangkir teh panas.

5. Teh Herbal
Para peneliti membuktikan, secangkir teh herbal peppermint atau chamomile dapat memberikan efek menenangkan. Itu karena teh herbal memiliki sifat penyembuhan. Peppermint dapat meringankan gejala mual sementara Chamomile meredakan sakit perut.

6. Yoghurt
Yoghurt plain organik diketahui mampu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus, membantu memperbaiki pencernaan, serta mengurangi rasa tidak nyaman yang menyebabkan perut kembung. (dwq)

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section