1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Lima Makanan Super Pencegah Kanker

Ada senyawa yang mampu mencegah kerusakan sel-sel DNA dan menginduksi sel mati yang dapat menekan resiko kanker.

By Stella Maris 6 Oktober 2015 12:00
Tomat mampu mencegah penyebaran sel kanker (Pixabay).

Money.id - Selain genetika, ada beberapa faktor penyebab yang memicu kanker payudara. Mulai dari kebiasaan merokok, pola diet tak seimbang, hingga obesitas baik pada pria atau wanita.

Namun jangan keburu panik, karena makanan ini dapat mencegah penyebaran sel kanker (payudara). Dilansir laman Dailymail, Senin 5 Oktober 2015, ini daftar makanannya:

Tanaman Cruciferae
Tumbuhan dari jenis famili Cruciferae ini mengandung senyawa sulfur yang disebut glucosinolates. Penelitian membuktikan, senyawa tersebut mampu mencegah kerusakan sel-sel DNA dan menginduksi sel mati yang dapat menekan resiko kanker. Beberapa sayuran tersebut adalah: kembang kol, bawang putih, dan kol.

Kacang-kacangan
Nurses Health Study menemukan, mengonsumsi kacang-kacangan seperti lentil dan buncis saat diet, dapat menurunkan risiko kanker payudara. Selain tinggi protein, kacang-kacangan juga kaya kalsium, zat besi, dan vitamin B.

Tomat
Ahli kanker payudara, Tara Whyand menjelaskan buah yang kaya likopen seperti tomat mampu menekan perkembangan sel kanker dalam tubuh. Semangka dan pepaya memiliki kemampuan serupa dengan tomat.

Biji Rami
Pada 2009 para peneliti mengamati kondisi wanita pasca menopause. Dalam pengamatannya, diketahui mereka memiliki tingkat lignan tinggi karena mengonsumsi tumbuhan biji rami.

Tahu
Diketahui tahu, sup miso, dan kacang edamame dapat mengurangi risiko kanker payudara. Lembaga kanker nasional Amerika Serikat (AS) menemukan, wanita dengan diet tinggi kedelai memiliki jaringan payudara yang kurang padat. Sementara mereka dengan jaringan payudara padat berpeluang dua kali lebih besar terkena kanker payudara. (ita)

Laporan: Dian Ardiahanni

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section