1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Stres? Redakan dengan Makanan Ini

Kandungan kimia phenylethylamine (PEA) yang membantu melepaskan hormon stres terdapat pada makanan...

By Stella Maris 30 September 2015 06:25
Cokelat (Pixabay)

Money.id - Makanan cepat saji atau junk food kerap jadi jalan keluar ketika seseorang mengalami stres. Namun, langkah tersebut tidak tepat.

Ahli gizi Charlotte Watts mengungkapkan, junk food dapat menambah lemak dalam tubuh, karena mengandung kadar kalori yang tinggi. Namun jangan keburu khawatir, Charlotte mengungkapkan beberapa jenis makanan yang terbukti dapat meringankan stres.

Berikut daftarnya, seperti dikutip dari laman Dailymail:

Cokelat hitam
Mengonsumsi sepotong coklat--mengandung 70 persen kakao-- setiap hari mujarab membangkitkan rasa bahagia. Saat Anda mengonsumsi cokelat, kandungan kimia bernama phenylethylamine (PEA) membantu melepaskan hormon endorfin yang memicu stres.

Kacang
Kacang-kacangan kaya akan vitamin B, seng, magnesium dan minyak omega yang ampuh mengusir stres dengan cepat. Makanan ini juga dapat menyeimbangkan tekanan darah.

Seledri
Kandungan tryptophan pada sebatang seledri membantu meningkatkan hormon serotonin yang mempertahankan suasana hati positif.

Mengonsumsi beberapa batang dengan selai kacang bebas gula di malam hari pun mampu meningkatkan kualitas tidur dan mengontrol kadar gula darah.

Bawang putih
Sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur yang dimiliki oleh bawang putih dapat memperbaiki daya tahan tubuh yang menurun. Bawang putih juga membantu mengurangi kerut yang timbul ketika stres.

Minyak zaitun
Stres yang menjadi pemicu terjadinya penyakit jantung kardiovaskuler, ternyata bisa diringankan oleh minyak zaitun. Kandungan senyawa oleocanthal dalam minyak zaitun memiliki sifat anti inflamasi, seperti ibuprofen dan tanpa efek samping. (ita)

Laporan: Dian Ardiahanni

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section