1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Berbisnis Fashion? Intip 6 Tips Suksesnya

Bisnis fashion harus kreatif, bukan semata-mata memiliki profit tinggi dan menghasilkan keuntungan saja.

By Dian Rosalina 10 Mei 2016 07:25
Ilustrasi Bisnis Fashion (Money.id)

Money.id - Desainer adalah orang yang memiliki pendidikan di bidang fashion dan memiliki gelar atas itu. Namun tidak semua desainer bisa mengubah fashion menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

Dilansir dari Fashionista, Selasa 10 Mei 2016, British Fashion Council telah merilis sebuah laporan untuk membantu para desainer untuk memulai berbisnis. Laporan ini menetapkan pedoman untuk membantu para desainer muda dan pebisnis baru untuk membangun sebuah perusahaan ritel yang kreatif.

Bukan semata-mata memiliki profit tinggi dan menghasilkan keuntungan saja. Tips ini juga bisa diterapkan untuk Anda yang ingin mulai berbisnis fashion yang menguntukan. Berikut ulasannya.

Berperilaku seperti pebisnis

Untuk membangun label yang sukses, Anda harus berpikir seperti seorang pengusaha dari awal. Itu berarti bisa memahami bagaimana bisnis dibangun dari menyusun rencana jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Setelah perusahaan berjalan, bangun hubungan dengan produsen, pembeli, dan investor secara konsisten. Itu bertujuan untuk membangun rasa kepercayaan satu sama lain.

Kenali pengembangan produk

Memulai bisnis fashion tidak melulu soal modal, tetapi mengenai pengembangan produk itu sendiri. Serta DNA desain seperti apa yang akan dibawa.

Menetapkan harga yang tepat untuk produk Anda adalah sesuatu yang penting dalam menemukan keberhasilan. Mulailah menghitung jumlah berapa pelanggan yang bersedia membayar produk Anda, kemudian hitung berapa banyak Anda memakai bahan, lalu baru hitung hasil keuntungan Anda.

Pemasaran yang unik

Sangat penting untuk memiliki visi yang kuat dari identitas merek Anda dari awal. Itu bisa membuat Anda memahami produk sendiri.

Mulailah dengan rencana pemasaran dan menetapkan target pelanggan Anda, serta bagaimana cara Anda mendekati mereka. Anda bisa menyewa sebuah perusahaan public relation untuk memasarkan produk Anda, tetapi pastikan bisnis Anda stabil.

Tantangan produksi

Bisnis baru sering dapat tantangan dalam proses produksinya. Awalnya Anda memesan dalam jumlah yang kecil, meninggalkan Anda dalam posisi yang buruk dengan produsen.

Mereka pasti meminta pembayaran dengan lunas, sedangkan keuangan perusahaan Anda sedang tidak stabil. Ini pasti sulit, tetapi penting untuk membayarnya langsung tanpa ditunda, agar hubungan Anda dengan penyedia bahan tetap baik.

Kunci penjualan dan distribusi

Untuk menjadi sukses, Anda perlu mendapat perhatian dari pembeli. Mereka ingin tahu apa yang unik dari produk Anda, bagaimana produk tersebut cocok dengan mereka, harga yang tepat, dan apakah bisnis Anda mempunyai reputasi baik.

Jika berencana untuk berjualan secara online, sadari bahwa produk yang berwarna-warni dan bentuk yang itu-itu saja, akan sulit dijual di situs web. Jadi Anda perlu mengetahui rangkaian ukuran yang tepat untuk para pelanggan Anda nantinya.

Dana

Ya, dana adalah salah satu syarat yang penting memulai sebuah bisnis apapun itu. Tantangan terbesar yang akan dihadapi sebagai bisnis baru adalah bagaimana kondisi keuangan Anda.

Semua itu harus dilakukan sebelum mengembangkan produk atau datang ke pengecer atau pelanggan. Dari awal, Anda harus tahu di mana dana itu berasal dan menjaganya tetap terkontrol.

Mengambil investasi dari investor dapat diartikan Anda kehilangan sebagian kendali di bisnis Anda sendiri. Jadi pikirkan baik-baik dan hati-hati agar tidak memberikan penawaran investasi yang terlalu murah dan terlalu banyak, meski Anda sangat memerlukan dana. (poy)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section