1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Wow, Kaos Ini Bisa Berbicara Dalam Bahasa Isyarat

Kaos ini terinspirasi dari masalah komunikasi di negara-negara tertentu yang masih kesulitan berbahasa Inggris.

By Dian Rosalina 30 April 2016 17:45
Kaos dengan Simbol Isyarat (iconspeak)

Money.id - T-shirt atau kaos biasa digunakan untuk saat-saat yang santai atau tidak terlalu formal. Kaos lebih nyaman digunakan karena kebanyakan bahannya lebih menyerap keringat.

Namun bagaimana jika kaos yang Anda pakai bisa berbicara? Hii, seram memang. Tapi dikutip dari Editon CNN, Sabtu 30 April 2016, ada sebuah kaos diciptakan untuk mengatasi masalah bahasa asing yang sering kali dihadapi oleh turs saat menanyakan sesuatu kepada penduduk lokal.

Kaos ini terinspirasi dari masalah komunikasi di negara-negara tertentu yang masih kesulitan berbahasa Inggris. Kaos yang dibuat oleh sebuah perusahaan Swiss bernama Iconspeak ini bisa menjadi alat penerjemah yang praktis dan murah.

"Kami mendapatkan ide ini pada tahun 2013 ketika kami salah satu motor yang kami kendarai di jalanan Vietnam rusak," kata George Horn, co- founder Iconspeak kepada CNN.

Horn yang seorang konsultasi bisnis kemudian mencari bantuan untuk memperbaiki motornya. Bersama temannya, ia akhirnya pergi ke sebuah desa kecil di mana tidak seorang pun yang bisa berbahasa Inggris dan Perancis.

Untuk mengatasinya, ia dan temannya menggunakan bahasa simbol yang ditulis di atas kertas. Ternyata cara tersebut lebih manjur, sehingga mereka menggunakannya lagi dan lagi dalam situasi yang berbeda.

Baca Juga

Dari situlah Horn mendapat ide menciptakan sebuah alat penerjemah dalam bentuk kaos.

"Ini adalah sebuah proses yang panjang. Kamu harus memulai dari daftar simbol yang panjang dan banyak melakukan pengujian pada prototipe t-shirt Iconspeak," kata Horn.

Daftar itu secara bertahap dikurangi jumlahnya, dengan setiap item dengan hati-hati diperiksa untuk menghindari potensi yang menyebabkan pelanggaran di sebuah negara atau lokasi. Seperti tidak memasukkan simbol agama agar tetap aman.

Kini kaos tersebut telah diuji coba di sekitar Eropa dan Amerika Latin. Bila tertarik, Anda bisa membelinya secara online seharga US$3 atau sekitar Rp39 ribu saja.

Kaos ini telah memiliki ikon yang bisa digunakan untuk menanyakan sepeda, kereta api, bus, hotel, bir, makanan, rumah sakit, pesawat terbang, fasilitas Wi-Fi dan sebagainya.

Wah, semoga saja bisa dipakai juga di Indonesia, ya.

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section