1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Tips Pilih Shockbreaker Mobil

Shockbreaker ada beberapa jenis, dibedakan berdasarkan letak dan sistem kerja.

By Rohimat Nurbaya 25 Februari 2016 09:10
Ilustrasi Shockbreaker (Toyota Astra)

Money.id - Peredam kejut atau lebih dikenal dengan nama shockbreaker berfungsi untuk mengurangi getaran dan hentakan ketika mobil mengalami guncangan.

Dikutip dari laman resmi Toyota Astra, berdasarkan letaknya shockbreaker terbagi menjadi dua, yakni shockbreaker depan dan belakang.

Pada mobil jenis sedan, kedua jenis shockbreaker memiliki kesamaan bentuk serta sistem kerja. Pada mobil MPV seperti Toyota Avanza, ada perbedaan bentuk dan sistem kerja antara shockbreaker depan dan belakang ini.

Kemudian menurut sistem kerja, shockbreaker terbagi menjadi dua, yakni shockbreaker yang menggunakan minyak atau oli dan yang menggunakan gas.

Shockbreaker jenis minyak atau oli lebih baik dipilih untuk mobil pribadi yang sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Shockbreaker jenis ini lebih empuk.

Sedangkan dari segi harga, shockbreaker minyak lebih murah jika dibandingkan dengan shockbreaker jenis gas. Akan tetapi, shockbreaker minyak memiliki kelemahan, antara lain rentan bocor apabila sering terkena kotoran atau debu.

Sedangkan dari segi kenyamanan, shockbreaker jenis minyak lebih nyaman dan enak dipakai dibandingkan gas. Hal itu karena sifat minyak yang mampu menekan, namun akan terasa keras apabila mobil dipakai satu penumpang.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section