1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Mobil Gunakan Lampu LED, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

LED mengeluarkan cahaya lebih terang, tetapi di balik itu memiliki beberapa kekurangan.

By Rohimat Nurbaya 11 Februari 2016 16:03
Mobil menggunakan lampu LED (Toyota Astra)

Money.id - Mobil keluaran terbaru biasanya sudah menggunakan lampu LED (light emitting diode), sedangkan mobil keluaran lama masih menggunakan lampu halogen. Namun penggunaan lampu jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Dikutip dari laman resmi Toyota Astra, kelebihan pertama LED adalah lampu jenis ini menghadirkan sinar yang lebih terang dan konsumsi listrik lebih rendah.

Kedua, lampu LED juga memiliki masa pakai lebih baik dan awet dibanding HID dan halogen yakni lebih dari 35 ribu jam.

Lampu halogen dapat bertahan digunakan hingga 1.000 jam. Lampu HID bisa lebih dari itu, 2.000 jam untuk pemakaian normal. 

Ketiga, lampu LED mengeluarkan sinar berwarna putih yang dapat memberi penerangan lebih baik dalam jarak tertentu.

Namun lampu LED juga memiliki beberapa kekurangan antara lain, sinar putih pada lampu LED dapat menyilaukan mata pengemudi lain dibandingkan sinar lampu berwarna kekuningan. Tetapi hal tersebut tidak menjadi masalah apabila sinar diarahkan dengan tepat.

GM Technical Service PT Toyota-Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi mengatakan masalah sinar silau lampu LED akan muncul pada mobil jenis SUV dan MPV, sebab ketinggian lampu kurang optimal.

"Kondisi ini (membuat pemilik kendaraan) akan mengarahkan sinar lampu utama ke atas," ucap dia.

Bila ini terjadi, otomatis arah lampu akan mengganggu pandangan pengendara di depannya. "Fitur auto leveling akan berguna dalam kondisi seperti ini," ujarnya.

Kemudian lampu LED juga memiliki kelemahan lain, khususnya ketika masa penggunaannya sudah habis.

Meski hanya satu lampu yang mati dalam rangkaian daytime running lights, semuanya harus diganti. "Hal ini yang membuat lampu LED mahal," ujarnya. (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section