1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Cara Praktis Agar Mesin Mobil Tak Berkerak

Kerak ini merupakan musuh utama mesin karena jika didiamkan dalam waktu yang lama menjadi semakin tebal.

By Rohimat Nurbaya 11 Februari 2016 06:59
Ilustrasi mesin berkerak (Toyota Astra)

Money.id - Perawatan mesin mobil sangat penting. Guna mendapatkan performa maksimal harus menggunakan oli berkualitas agar mesin semakin awet. Pasalnya mesin merupakan bagian vital pada mobil yang harus selalu dijaga.

Dikutip dari laman resmi Toyota Astra, oli akan menyebabkan efek samping pada ruang mesin. Salah satunya adalah masalah kerak yang muncul ketika mobil tidak digunakan untuk waktu lama.

Kerak pada ruang mesin berpotensi merusak mesin mobil. Munculnya kerak pada bagian ruang mesin bisa diintifikasi dengan memperhatikan kualitas oli bekas saat mengganti.

Bila oli bekas yang muncul terlihat sangat kotor hingga berlumpur, kemungkinan besar oli tersebut telah menimbulkan kerak pada ruang mesin mobil.

Kerak ini merupakan musuh utama mesin karena jika didiamkan dalam waktu yang lama menjadi semakin tebal dan mengganggu sirkulasi oli pada mesin. Selain itu, proses lubrikasi juga menjadi tak maksimal.

Cara mencegah nya bisa dengan menghindari pemakaian oli palsu dan mengganti oli kendaraan secara teratur. 

Bila mobil sering digunakan di jalan rawan macet, disarankan mengganti oli mobil lebih cepat dari waktu nya. pasalnya mesin tetap berputar ketika mobil terkena macet, namun kilometernya tidak bertambah.

Selain itu, bisa juga menggunakan engine flush secara berkala agar dapat mencegah timbulnya kerak di ruang mesin tersebut. Bila memang sudah timbul kerak, maka bisa diatasi dengan engine overhaul sebagai proses pembersihan secara tuntas.

Bila menunda-nunda proses pembersihan ini, maka kerak akan semakin menebal dan pompa oli semakin berat. Akibatnya, mesin akan rusak parah dan Anda pun akan mengeluarkan lebih banyak biaya lagi.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section