1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Ini Tips Memilih Asuransi yang Cocok untuk Kendaraan Anda

Saat ini ada banyak perusahaan yang menyediakan asuransi untuk kendaraan.

By Desy Afrianti 19 Februari 2016 08:02
Ilustrasi mobil rusak/Pixabay

Money.id - Bagi sebagian orang, membeli mobil bukan hanya untuk mendukung mobilitas, tetapi juga suatu kebanggaan atau prestise. Kendaraan merupakan salah satu aset, karena itu harus dijaga dengan baik.

Tentunya Anda tidak ingin kejadian buruk terjadi pada mobil, seperti rusak, hilang, dan lainnya. Untuk mengantisipasi hal tak diinginkan, ada baiknya Anda melakukan proteksi kendaraan seperti ikut asuransi.

Saat ini ada banyak perusahaan yang menyediakan asuransi untuk kendaraan. Berikut ini adalah poin yang bisa menjadi panduan dalam memilih asuransi yang cocok untuk kendaraan Anda, seperti dikutip dari axa.co.id

Pertimbangan reabilitas

Hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam memilih asuransi untuk kendaraan adalah memilih perusahaan yang sudah ahli dalam bidang ini.

Perusahaan yang dipilih harus memiliki reputasi yang baik dalam menyelesaikan klaim. Anda juga harus memeriksa waktu yang dibutuhkan oleh perusahaan asuransi dalam memproses klaim dan waktu pembayaran.

Cek keluhan

Ketika memilih sebuah asuransi kendaraan, jangan lupa untuk memperhatikan rasio pengaduannya. Bagaimana perbandingan jumlah keluhan yang diterima, dengan komplain yang diselesaikan oleh perusahaan.

Jika rasio keluhan yang diterima lebih besar daripada keluhan yang diselesaikan berarti perusahaan asuransi tersebut tidak bisa diandalkan.

Rekomendasi diler

Langkah berikutnya adalah meminta rekomendasi diler kendaraan. Kunjungi diler untuk meminta informasi tentang perusahaan asuransi yang bisa dipercaya.

Jika beberapa diler memberikan informasi postif terhadap suatu perusahaan asuransi, berarti perusahaan itu dapat dipercaya.

Jenis polis asuransi

Hal lain yang perlu diingat adalah jenis polis yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Anda perlu memutuskan polis mana yang dibutuhkan dan apakah perusahaan tersebut menyediakan polis yang Anda inginkan.

Biaya asuransi

Anda juga harus memilih biaya asuransi yang sesuai untuk kendaraan. Jangan sampai biaya yang dikeluarkan memberatkan keuangan Anda. 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section