1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Ternyata Gaya Mengemudi Berpengaruh Pada Efisiensi Bahan Bakar

Hampir 35 persen pengemudi saat ini menggunakan kecepatan di atas rata-rata yang disarankan.

By Rohimat Nurbaya 9 Februari 2016 18:08
Ilustrasi mengemudi (Pixabay)

Money.id - Mobil boros bahan bakar bukan hanya karena faktor mesin saja, namun bisa juga disebabkan akibat gaya mengemudi atau cara mengoperasikan kendaraan.

Hampir 35 persen pengemudi saat ini menggunakan kecepatan di atas rata-rata yang disarankan. Lantas bagaimana cara mengemudi supaya hemat bahan bakar?

Dikutip dari laman resmi Toyota Astra, tips pertama mengemudi supaya irit bahan bakar, harus mengoperasikan kendaraan dengan tenang, usahakan untuk tidak menginjak pedal gas dan rem secara mendadak.

Cara mengerem merupakan faktor yang bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Cobalah untuk memprediksi kondisi jalan di depan sehingga bisa memastikan kecepatan yang tepat dan tidak melakukan pengereman mendadak.

Bila harus berhenti, usahakan untuk berhenti secara perlahan dan injak rem beberapa meter sebelum lampu merah.

Kemudian ketika melakukan perjalanan ke luar kota, ada cara lain untuk menghemat bahan bakar kendaraan. Batas kecepatan pada jalan-jalan besar di luar kota adalah 75 mph, Anda tidak disarankan untuk mengemudi di atas kecepatan tersebut.

Lebih disarankan untuk mengemudi secara stabil dengan kecepatan 65 mph serta berkendara di jalur yang aman. Perlu diketahui jika kecepatan yang digunakan selama mengemudi ini juga berpengaruh besar terhadap konsumsi bahan bakar kendaraan Anda.

Biasakanlah untuk memindahkan gigi yang lebih rendah dalam kisaran putaran mesin (rev range). Misalnya bila kendaraan Anda menggunakan mesin diesel, cobalah melakukan perpindahan gigi pada kisaran 2.300 rpm.

Anda sudah pasti tahu jika mobil dengan mesin diesel menawarkan torsi rendah pada kisaran putaran mesin (rev range). Jadi Anda tak perlu berlebihan ketika melakukan perpindahan gigi.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section