1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Volvo Ganti Kunci Mobil Konvensional dengan Smartphone

Gelombang bluetooth yang tertangkap akan secara otomatis membuka pintu pada jarak tertentu.

By Adhi 20 Februari 2016 11:22
Ilustrasi (digitaltrends.com)

Money.id - Volvo memang tidak turut dalam gembar-gembor pengembangan mobil otonomos yang bisa dioperasikan tanpa pengemudi. Namun begitu, bukan berarti mereka tidak aktif mengadopsi teknologi terkini dalam mobil besutannya.

Pabrikan asal Jerman ini justru melihat tren smartphone yang semakin tak terpisahkan dengan kehidupan sehari-hari semua orang sebagai inovasi utama.

Seperti yang diwartakan Gizmag, Sabtu 20 Februari 2016, Volvo dilaporkan berencana menggantikan kunci kontak sejumlah mobil besutannya dengan smartphone. Untuk tahap awal, teknologi ini akan diterapkan pada mobil-mobil Volvo yang direntalkan.

Sebenarnya teknologi ini telah digunakan sejak imobilizer key diciptakan. Akan tetapi, ini adalah versi terbaru yang bisa dikatakan lebih pintar. Contoh sederhananya, pengemudi tak perlu mengaktifkan fitur untuk membuka pintu dari ponsel saat hendak naik kendaraan.

Gelombang bluetooth yang tertangkap akan secara otomatis membuka pintu pada jarak tertentu saat pengguna sedang mendekati mobil. Uniknya, kunci digital tersebut bisa kadaluarsa.

Saat pengguna menyewa mobil Volvo yang menggunakan teknologi ini, ia akan menerima kunci digital pada ponselnya. Kunci tersebut secara otomatis akan kadaluarsa saat masa sewanya habis.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section