1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Lelang Mobil Mewah, Porsche Cayenne Seharga Rp1 Miliar Jadi Rp100 Juta

Dalam pelelangan itu ada mobil jenis hatchback dan sedan mewah seperti Jaguar, BMW dan Audi.

By Rohimat Nurbaya 8 Februari 2016 11:04
Porsche Cayenne (BBC)

Money.id - Sebuah banjir dahsyat melanda Chennai, India akhir tahun lalu. Lebih dari 40 ribu kendaraan terendam akibar peristiwa itu. Tidak sedikit dari jumlah tersebut merupakan mobil mewah seperti Jaguar, Range Rover, BMW, Mercedes, dan Audi

Di tengah barisan begitu banyak kendaraan yang berjajar di sebuah lapangan, seorang pria India Jambu Kumar (29) tengah mencari sebuah sedan Mercedes Benz.

"Kata istri saya, jika saya pergi ke pelelangan itu harus kembali membawa Mercedes. Jadi saya mencari yang murah," kata Kumar seperti dikutip dari BBC.

Di sekeliling Kumar dan para peserta lelang lain, ada mobil jenis hatchback, sedan dan yang paling dicari-cari adalah mobil mewah seperti Jaguar, BMW dan Audi.

Mobil terkena banjir di India (BBC)

Banyak dari kendaraan ini masih diselimuti lumpur kering, dan bagian dalamnya berjamur dan kacau. Banyak dari kendaraan itu mengambang di air kotor dan rusak tak bisa hidup lagi.

Selain Kumar di 'kuburan' mobil itu masih banyak orang yang memiliki mimpi dan harapan, salah satunya Jyotiram Chougle.

Dia merupakan pemilik bengkel di kota Pune jaraknya sekitar 1.000 km dari Chennai. Dia merupakan salah seorang calo mobil bekas.

Pelelangan mobil bekas banjir (BBC)

Ketika ketiga pelanggannya mendengar tentang pelelangan ini, Chougle langsung ke Chennai. Mereka membaca di surat kabar bahwa Porsche Cayenne keluaran 2012 yang terkena banjir dijual hanya seharga 500 ribu rupees atau sekitar Rp100 juta padahal harga barunya bisa mencapai Rp1 miliar.

"Karena itu saya memburu mobil mewah untuk klien saya, Jaguar, Range Rover, Porsche merupakan pilihan mereka," kata Chougle.

Menurut satu perkiraan, sekitar 40 ribu mobil yang terendam itu, sekitar 40 persenya berada dalam keadaan yang disebut kerugian asuransi total. Artinya deretan mobil tersebut terlalu mahal untuk diperbaiki di bengkel.

Abhishek Gautam dari portal otomobil cardekho mengatakan, perusahaannya menerima kendaraan dari 18 perusahaan asuransi dan mencoba menjual lebih dari 1.500 mobil yang rusak karena terkena banjir.

Perusahaan ini sudah melelang 700 mobil di terakhir di tiga lapangan yang mereka sewa di Chennai. Lebih dari 700 penjual mobil di India mendaftar untuk menawar di pelelangan itu.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section