1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Penjualan BMW Melorot, Disalip Mercy dan Audi

Sejak 2005 BMW selalu menguasai pasar otomotif dunia.

By Rohimat Nurbaya 13 Februari 2016 08:10
Logo BMW (hdwallpaper.nu)

Money.id - Penjualan BMW pada Januari 2016 turun ke tempat ketiga disalip Mercedez-Benz dan Audi. Padahal selama ini produsen mobil asal Jerman tersebut penjualannya selalu menempati urutan pertama, sejak 2005.

Seperti dikutip dari Automotive.com, penjualan BMW pada Januari 2016 memang naik sebanyak 7,5 persen atau sebanyak 133.883 unit. Namun, Mercedez-Benz mengalami kenaikan jauh lebih tinggi yakni 20 persen atau sebanyak 150.814 unit.

Penjualan BMW pada bulan lalu juga masih di bawah Audi, meski penjualannya hanya naik 4 persen, tetapi secara jumlah angka penjualannya cukup tinggi yakni 143.150 unit.

Mercedez-Benz, bebera tahun terakhir selalu tertinggal dari BMW dan Audi, namun setelah melakukan berbagai perombakan, salah satunya model mobil yang dipasarkan, akhirnya penjualannya meningkat tajam. Misalnya, penjualan Mercedez-Benz GLE di China mengalami kenaikan tajam.

Sebenarnya BMW juga memeliki produk andalan, yakni BMW seri 7 versi terbaru. Mobil itu cukup mendongkrak penjualan BMW, namun laju penjualan Mercedez-Benz terlalu tinggi dibanding pesain lain.

"Meskipun banyak pasar menunjukkan volatilitas, tapi kami tetap optimis," ucap Ian Robertson, kepala BMW penjualan.

Penjualan BMW Seri 7, yang menjadi mobil andalan, sejak Oktober hingga Januari lalu mencapai 3.392 unit. Jumlah ini kurang dari setengah penjualan Mercedes-Benz S-Class yang sebanyak 8.473 unit.

Lesunya penjualan produsen mobil yang telah malang melintang di dunia otomotif selama hampir satu abad itu mulai terjadi sejak Harald Krueger menduduki kursi Chief Executive Officer pada Mei tahun lalu.

Bulan depan, dia akan mempresentasikan hasil dari kajian strategis penjualan selama masa kepemimpinannya.

"Sepanjang tahun ini, Krueger ingin mencoba dan menunjukkan hasil yang sangat baik," kata Frank Schwope, analis NordLB, konsultan yang berbasis di Hanover, Jerman.

Analis dari lembaga konsultan HIS Automotive mengatakan pabrikan asal Baravaria, Jerman itu bakal kehilangan mahkota raja penjualan pada tahun ini.  Kemudian sebaliknya Mercedes-Benz bakal terus melaju di China dengan beberapa model terbarunya.

Lembaga itu mencatat, sepanjang Januari lalu, penjualan BMW di China hanya naik 8,4 persen atau sebanyak 43.441 unit. Sedangkan pada saat yang sama, Mercedes mencatatkan kenaikan 52 persen atau menjadi 42.671 unit.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section