1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

VW Campervan Klasik Jadi Favorit Calon Pengantin 'Kekinian'

Mobil Volkswagen klasik ini kerap disewa sebagai mobil pengantin, maupun photobooth di pesta pernikahan.

By Dwifantya Aquina 12 Februari 2016 16:22
Mobil VW Campervan klasik yang disewakan Doddy Samperuru (jakartavwcampervan.com)

Money.id - Pernikahan merupakan sebuah momen terbaik dalam hidup. Dihelat hanya sekali seumur hidup, setiap pasangan pasti ingin momen sakral tersebut tak mudah untuk dilupakan.

Jika menikah di dalam gedung saat ini sudah dianggap kurang 'kekinian', banyak pasangan memilih pesta yang lebih intim di alam terbuka. Tak sedikit pula yang menggunakan konsep serba vintage untuk resepsi pernikahan.

Nah, bagi Anda yang punya rencana melangsungkan pernikahan dengan tema vintage, kendaraan klasik yang satu ini tak boleh luput dari list. Ya, mobil Volkswagen Campervan pasti akan membuat suasana pesta pernikahan Anda menjadi lebih klasik.

Adalah Doddy Samperuru, seorang kolektor Volkswagen atau VW, menawarkan sebuah jasa penyewaan mobil klasik ini sebagai yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Berawal dari kecintaannya terhadap mobil pabrikan Jerman ini, Doddy kemudian membuka jasa rental mobil VW Campervan pada 2014 lalu.

"Ada tiga unit VW Campervan yang saya sewakan. Harganya beragam, tergantung pemakaian, jarak dan kebutuhan," ujar Doddy saat berbincang dengan Money.id di Jakarta, Jumat 12 Januari 2016.

Doddy mengatakan, sejak kecil dirinya memang akrab dengan VW. Ayahnya yang berprofesi sebagai kepala sekolah, kerap membawa dia dan bersama ibu dan lima saudaranya jalan-jalan menggunakan VW kodok.

"Saya penyuka VW sejak kelas 6 SD. Jadi saya menggeluti usaha ini memang berawal dari hobi," tuturnya.

Doddy yang bekerja sebagai teknisi di bidang oil, gas, and geothermal ini mengaku, mayoritas penyewa VW Campervan miliknya adalah pasangan calon pengantin. Namun, tak sedikit pula yang menggunakan untuk traveling bersama keluarga.

"Mobil ini memang punya interior khas mirip rumah kecil. Tapi memang mayoritas disewa untuk wedding. Biasanya sekitar Jabodetabek. Ada yang menggunakan untuk mobil pengantin, antar jemput ke hotel, rumah atau ke gereja. Ada juga yang menggunakannya hanya untuk photobooth," kata ayah dari dua orang anak ini.

Harga sewa yang ditawarkan Doddy beragam. Untuk mobil VW Kombi 1979, ia menyewakan dengan harga Rp2 juta per hari atau 24 jam. Sedangkan untuk mobil VW Dakota 1963, VW T3 Vanagon 1980 dan Pink Floyd (Replika VW Samba, 1981), ia menawarkan harga sekitar Rp2,5 juta per hari.

Jika pemakaian kurang dari 12 jam, Doddy tak segan untuk memberikan potongan harga hingga Rp500 ribu. Sedangkan untuk sopir, Doddy sudah menyediakannya, sehingga penyewa tak perlu repot untuk mengemudikan mobil klasik ini sendiri.

"Untuk driver memang harus dari kita, karena kan tidak ada asuransi sehingga saya harus memastikan mobil ini aman. Sedangkan jika ingin digunakan untuk traveling keluarga, biaya bahan bakar dan tol ditanggung penyewa, begitu pula dengan biaya sewa driver-nya," jelas pria berusia 45 tahun ini.

Bukan hanya menyewakan mobil klasik, Doddy juga menyediakan kebutuhan traveling bagi keluarga berupa sleeping bag, tenda, matras, hingga cooler box, dengan harga yang ekonomis. Yakni mulai dari Rp20 ribu hingga Rp50 ribu.

Doddy memahami bahwa bisnis yang dijalaninya ini sangat situasional. Karena tidak semua orang mengenal VW klasik, dan harga sewanya tidak murah. "Kebanyakan orang lebih memilih menyewa Alphard seharga Rp1 juta. Belum banyak penyuka mobil ini di Indonesia," ungkapnya.

Meski demikian, Doddy tetap bersyukur, dalam satu bulan ada dua sampai lima orang yang menyewa "mobil rakyat" ini.

"Bulan Mei tahun ini setiap hari Sabtu sudah full book semua. Mayoritas mereka tahu penyewaan ini melalui Google, ada juga lewat Instagram (@doddysamperuru), dan juga dari mulut ke mulut," tuturnya.

Mimpi Doddy Memperkenalkan VW Klasik

Sebelum akhirnya memberanikan diri membuka website sendiri, yakni jakartavwcampervan.com, Doddy sempat kesulitan memasarkan usahanya ini. Apalagi, menurut dia, saat ini ia masih fokus pada pekerjaan utamanya sebagai pegawai swasta.

Meski demikian, ia punya mimpi besar untuk serius dalam bisnis ini. Ditambah, ia mendapat dukungan penuh dari keluarga.

"Karena saya suka camping, maka saya ingin camping dengan nyaman bersama keluarga, yang paling cocok adalah menggunakan VW Campervan ini."

"Sebetulnya ide saya adalah memperkenalkan VW Campervan ke masyarakat Indonesia, suatu saat infrastruktur kita sudah bagus, bisa masuk ke pelosok-pelosok daerah. Cocok dimiliki keluarga Indonesia. Tidak perlu hotel, cari tempat aman, bisa menyediakan makan minum sendiri," ucapnya.

Di luar bisnis yang sedang dikembangkannya ini, Doddy punya cita-cita jika sudah pensiun nanti dirinya ingin berkeliling Indonesia dengan menggendarai VW Campervan bersama keluarganya.

"Di luar negeri kan sudah banyak yang seperti itu. Hobi saya ini ke depannya tentu akan diseriuskan. Tapi sampai saat ini masih second priority, karena saya masih punya pekerjaan utama, yaitu sebagai karyawan," kata penyuka musik classic rock ini menutup perbincangan.

 

Jakarta VW Campervan
10 menit dari Stasiun Tanjung Barat, Jakarta Selatan
Phone: +62 81310314210
Email: vwcampervan.jakarta@yahoo.co.id.

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section