1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATORY BISNIS

Usia 22 Tahun, Pemuda Ini Sukses Bangun Bisnis Ratusan Miliar Rupiah

Kemampuan Clinke sempat mengejutkan pusat komputer di Amerika Serikat bernama Silicon Valley.

By Rohimat Nurbaya 5 November 2015 20:07
Lucas Duplan (Foto: Forbes)

Money.id - Lucas Duplan merupakan pendiri start up, Clinkle. Karya itu dibuat satu tahun setelah dia menerima ijazah sarjana di bidang sains dan komputer dari Universitas Stanford. Saat itu usianya baru 22 tahun.

Dikutip Forbes, Clinkle adalah perusahaan yang melayani sistem pembayaran berjalan (mobile payment), didirikan pada 2011. Perusahaan tersebut digagas puluhan orang mahasiswa.

Kemampuan Clinke sempat mengejutkan pusat komputer di Amerika Serikat, Silicon Valley. Aplikasi tersebut mampu meraup US$30 juta atau setara Rp409 miliar dari klik "like" Richard Branson, Peter Thiel dan Andreessen Horowitz.

Semasa kuliah Duplan memang sempat bekerja di sebuah perusahaan pembayaran bergerak (mobile payment). Saat itu bertepatan ketika dia melakukan program studi luar negeri (magang) di London.

Setelah kembali ke Stanford, Duplan mendapat arahan dari seorang profesor yang mengajar di kelas metodologi pengenalan programming bernama, Mehran Sahami. Kemudian dia mendirikan Clinkle dan mengontrak rumah untuk kantor di Palo Alto, California.

(Tampilan aplikasi Clinkle/Foto: thepu.sh)

Untuk modal pertama digunakan usaha, Duplan meminjam dari orangtua. Dibantu puluhan mahasiswa lain dia melakukan ujicoba Clinkle. Ternyata, aplikasi yang mereka buat berhasil dijalankan, mereka bisa melakukan pembayaran antar mahasiswa.

Setelah usaha para mahasiswa itu sukses, kemudian Duplan menggandeng beberapa profesor bidang komputer untuk mendiskusikan aplikasi Clinkle. Potensi Duplan pun ditemukan orang berkompeten.

Setelah itu Duplan dipertemukan oleh co-founder VMware, Diane Greene dengan Jim Breyer salah satu dari empat direksi Facebook. Jim tertarik dengan penemuan itu.

Breyer jadi investor usai pertemuan pertamanya dengan Duplan. Pada Juni, 2013 dia telah mengumpulkan US$25 juta atau setara setara Rp341 miliar dari investor-investor besar termasuk Greene, Andreessen Horowitz, Intel Capital, Intuit, Peter Thiel, dan Owen Van Natta.

Pendanaan itu adalah yang terbesar di Silicon Valley. Tidak lama setelah itu, Duplan memindahkan perusahaan dengan 50 orang karyawan itu dari Mountain View ke San Francisco. Aplikasi Clinkle diluncurkan pada 24 September 2014. (ary)

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section