1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATORY BISNIS

Marissa Mayer, Wanita Cantik Penguasa Google Hingga Yahoo

Marissa masuk dalam daftra 50 wanita paling berpengaruh versi majalah Fortune.

By Rohimat Nurbaya 29 Oktober 2015 12:00
CEO Yahoo, Marissa Mayer (Foto: huffingtonpost.ca)

Money.id - Marissa Ann Mayer, merupakan eksekutif bisnis sekaligus CEO Yahoo. Meski dilahirkan sebagai wanita, tapi prestasinya tidak kalah dengan kaum pria. Dia disebut sebagai inspirator wanita di seluruh dunia.

Dikutip dari therichest.com, wanita kelahiran Wausau, Wisconsin, Amerika Serikat, 30 Mei 1975 tersebut pernah bekerja di toko kelontong semasa SMA. Di sana Mayer belajar jadi seorang pekerja terbaik di bidangnya. Saat itu, dia harus belajar bekerja ekstra cepat.

Foto: Bloomberg

Ayahnya bernama Michael Mayer, seorang insinyur yang bekerja di salah satu perusahaan di Wisconsin. Sedangkan ibunya adalah seorang guru seni. Tetapi Marissa Mayer memilih memilih jalan hidup beda dari kedua orangtuanya.

Saat sekolah, Marissa Mayer dikenal sebagai murid cerdas. Dia cukup menonjol di bidang sains. Selepas SMA, tepatnya pada 1993, dia sempat diminta gubernur wisconsin, pada waktu itu Tommy Thompson mengikuti sebuah konferensi sains di West Virginia. Dia salah satu perwakilan dari dua delegasi negara bagian.

Foto: businessinsider.com

Selepas SMA Marisa Mayer masuk Universitas Stanford. Dia menjadi lulusan terbaik dengan menyandang gelar BS (Bachelor of Science) dan MS (Master Science) dalam bidang ilmu sistem informasi komputer.

Tidak hanya itu, Marisa Mayer tercatat sebagai pemegang title doktor honoris causa dari Illinois Institute of Technology pada 2009. Gelar itu didapat atas karyanya dalam mengembangkan perusahaan mesin pencarian Google.

Karier di Google

Memang setelah lulus kuliah, tepatnya pada 1999 Marissa Mayer ikut mengembangkan perusahaan internet terbesar di dunia, Google Inc. Dia merupakan salah satu tim pendiri Google saat itu.

Dalam perusahaan raksaa itu, Marissa Mayer satu-satunya insinyur wanita pertama. Baru setelah dia sukses disusul beberapa insinyur wanita lain. Dia 13 tahun berkarya bersama Google.

Di perusahaan tersebut dia mendapatkan jabatan cukup banyak, mulai dari insinyur, manager produk, eksekutif hingga desainer langsung dari beberapa produk Google.

Salah satu kontribusi terbesar Marissa bagi Google adalah desain minimalis oleh mesin pencari itu. Saat orang lain berfikir membuat tampilan ramai dengan berbagai atribut, dia mempertahankan supaya Google terlihat lebih bersih.

Foto: thedrum.com

Tampilan ringkas dan fungsional ala Google tersebut karya tangan dingin Marissa. Desain minimalis itu jadi treadmark mendunia saat ini.

Nama Marissa makin bersinar setelah Google perlahan berkembang. Banyak proyek raksasa internet itu sukses lewat tangan dingin Marissa. Mulai dari Gmail, Google Maps, hingga layanan info online iGoogle.

Bersama Google, Marissa dianggap sebagai salah satu wanita paling sukses serta paling berpengaruh di dunia teknologi. Banyak penghargaan disandingkan pada dia.

Beberapa penghargaan itu di antaranya, 50 wanita paling berpengaruh versi majalah Fortune pada 2008, 2009, 2010, 2011. Kemudian Female Glamour Magazine of the Year 2009.

CEO Yahoo

Sukses bersama Google, Pada 2009 Marissa Mayer mengambil langkah sangat mengejutkan. Dia pindah dari Google ke perusahaan saingan terberatnya yakni Yahoo.

Keputusan tersebut tentunya bukan hal mudah. Dia telah mempertimbangkan banyak hal hingga akhirnya memutuskan pindah.

(Foto: therichest.com)

Setelah pindah ternyata karir Marissa makin menanjak, tepat pada tanggal 16 Juli 2012 diangkat jadi CEO dari Yahoo Inc.

Banyak perubahan dibawa wanita hebat itu. Apa yang dilakukannya mengundang banyak opini dari pengamat bisnis di Amerika. Banyak orang menyayangkan keputusan Marissa pindah dari Google ke Yahoo.

Meski demikian, Marisa membuktikan kepindahannya bukan hanya atas alasan uang, tapi banyak visi ingin diwujudkan.

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section