1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATORY BISNIS

10 Trik Sukses Jadi Pengusaha Ala Bruce Lee

Berbekal penguasaan seni bela diri Bruce Lee sukses membuka sekolah, muridnya beberapa artis populer.

By Rohimat Nurbaya 31 Oktober 2015 11:23
Aktor Bela Diri, Bruce Lee (Foto: therichest)

Money.id - Bruce Lee lebih dikenal sebagai ahli bela diri dan bintang film. Ternyata dia juga merupakan sosok pengusaha sukses.

Seperti dikutip dari therichest.com, Bruce Lee membuka puluhan tempat latihan Kung Fu dengan aliran sendiri, atau biasa disebut Jun Fan Gung Fu. Bila ditilik dari segi bisnis itu merupakan salah satu usaha cerdas pengusaha.

Berbekal penguasaan seni bela diri Bruce Lee sukses membuka sekolah, muridnya termasuk beberapa selebriti populer seperti Steve McQueen, James Garner, Chuck Norris, dan James Coburn.

Bruce Lee telah tiada sejak 40 tahun lalu, tapi namanya tetap dikenang jutaan orang di seluruh dunia. Dia dianggap terhormat karena berbagai inovasi di dunia bela diri.Berikut 10 tips sukses jadi pengusaha ala Bruce Lee.

10. Membuat peluang sendiri

Pengusaha memang harus menunggu situasi tepat untuk sukses. Ketika itu dilakukan pasti bisa melampaui mimpi sebelumnya. Saat Bruce Lee membuka sekolah Kung Fu pertama di Amerika Serikat, bela diri itu tidak dikenal di sana.

Saat itu banyak tindakan rasisme terhadap orang Tiongkok di negeri Paman Sam. Tapi dia mengabaikan itu semua, Bruce Lee tetap menciptakan peluang sendiri dengan keahlian dimilikinya.

9. Semangat bekerja

Ada banyak model bisnis bisa dikerjakan dan banyak guru bisa menginspirasi, tetapi komitmen hanya datang dari diri sendiri. Apa yang dilakukan Bruce Lee adalah mengabaikan apapun pendapat orang lain terkait apa yang dilakukankan. Dia tetap semangat dengan suatu yang dijalankan.

8. Fokus pada tujuan

Rahasia kesuksesan dalam bisnis moderen adalah kepercayaan orang lain. Saat ini masih banyak pengusaha menggunakan cara licik untuk mengambil keuntungan. Daripada melakukan hal tersebut jauh lebih baik melayani konsumen dengan baik.

Hal tersebut sudah dilakukan Bruce Lee dalam mengembangkan bisnis sekolah bela diri. Dia fokus pada kualitas murid yang belajar di sekolah itu.

Kunci sukses tersebut dilakukan juga pendiri Aplle, Steve Jobs. Dia tetap fokus pada produk dibuatnya serta mementingkan kualitas untuk memuaskan konsumen.

7. Berusaha fleksibel

Sebuah kesalahan ketika menjalankan bisnis adalah terpaku pada rencana awal. Para pengusaha biasanya lupa rencana hanya merupakan alat untuk mencapai kesuksesan.

Tidak pernah ada renca bisnis ditulis dalam batu prasasti, karena paling penting adalah terus beradaptasi dan mengikuti perubahan situasi.

Awalnya, saat pertama membuka sekolah bela diri, dia hanya ingin mendapatkan tambahan untuk uang kuliah. Tetapi seiring waktu berjalan peminat terhadap Kung Fu sangat besar, sehingga Bruce Lee mengembangkan sekolah bela diri jadi lebih besar.

6. Berfikir sederhana

Ada kecenderungan ketika membuka usaha ingin menjadi besar. Tapi dengan konsep tersebut banyak perusahaan awalnya sukses, tapi selanjutnya tidak bisa mempertahankan kepuasan pelanggan.

Membuat hal lebih rumit hanya menghambat inovasi, kreatifitas dan malah jadi penghalang untuk berkomunikasi. (ary)

Bersambung....

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section