1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATIF

Nih 30 ABG yang Paling Berpengaruh di Dunia (2)

Di usia belia, mereka sudah menjadi selebriti, peneliti, bahkan pejuang hak asasi manusia.

By Ita Malau 2 November 2015 16:38
Malala Yousafzai (Forbes/Michael Prince)

Money.id - Majalah TIME telah merilis daftar Remaja Paling Berpengaruh 2015. Dari tahun ke tahun, TIME memberikan penghargaan kepada para remaja yang memberikan dampak global dan mengarahkan dunia, baik melalui media sosial dan berita.

Berikut adalah 30 anak baru gede (ABG) yang berhasil masuk dalam daftar 'The 30 Most Influential Teens of 2015' versi TIME

(Baca Juga: 30 ABG Paling Berpengaruh di Dunia Bagian I)

Urutan dimulai dari yang paling muda:

20. Shawn Mendes, 17 tahun

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan si pelantun Stitches ini. Shawn mulai terdengar sejak bermain aplikasi Vine dengan sekitar 3,4 juta follower. Kini remaja 17 tahun tersebut telah menggebrak industri musik.

Pada April, ia meluncurkan album perdananya berjudul Handwritten yang masuk Billboard 200 dan menjadikannya selebriti paling muda yang meraih prestasi tersebut sejak Justin Bieber. Dia juga pernah menjadi penyanyi pembuka tur Taylor Swift. Singlenya, Stitches, telah menduduki tangga teratas di Top Tens Amerika, Kanada, Swedia dan negara lainnya.

19. Jaden Smith, 17 tahun

Siapa yang tidak kenal putra bintang Hollywood Will Smith ini. Dia menjadi sensasi setelah mengatakan kepada New York Times bahwa "sekolah itu tidak abadi karena harus berakhir". Maksudnya, 'tempat menimba ilmu itu bisa di mana saja, tidak harus di sekolah'.

Dia juga mengajak pengikutnya di Twitter dengan mencuitkan status "Kanye for President". Tapi dia juga membuat sensasi di industri musik. Setelah meluncurkan single digital This is the Album awal tahun ini, Smith menandatangani kontrak untuk menjadi host di acara radionya sendiri, Apple's Beats 1.

18. Malia Obama, 17 tahun

Foto: Malia Obama (Huffington Post)

Putri pertama Presiden Barack Obama ini kini menjadi ikon budaya. Pilihan gaya busana dan pendidikannya selalu menghiasi berita utama.

Awal tahun ini, misalnya, sebuah foto yang bocor di Instagram memperlihatkan Malia memakai T-shirt dengan logo salah satu grup rap asal Brooklyn bernama Pro Era. Foto itu disertai caption yang mengarah ke promosi kaos yang dipakai Malia. Malia juga pernah terlihat di set HBO Girls selama musim panas, dilaporkan sebagai bagian dari magang.

17. Ariel Winter, 17 tahun

Bagi yang suka dengan Modern Family, pasti tidak asing dengan wajah Ariel Winter sebagai Alex Dunphy. Tahun ini, ia membuat headline dengan operasi pengecilan payudara karena di-bully di internet.

"Aku pernah posting sebuah foto, dan 500 orang akan berkomentar tentang lemak di tubuhku dan aku menjijikkan," katanya kepada Glamour. "Aku tidak merasa senang."

16. William Turton, 17 tahun

Di saat sebagian besar siswa SMA sedang berjuang dengan ujiannya, Turton sibuk menjadi kuli berita keamanan cyber untuk The Daily Dot, sebuah website yang khusus menulis berita tentang budaya internet.

Sejak 14 tahun, Turton sudah terjun di dunia jurnalistik dengan menulis ulasan untuk video game. Karena ketekunannya, Turton akhirnya membuat terobosan setelah menjadi orang pertama yang memberitakan tentang Uber dan melakukan wawancara dengan Lizard Squad, kelompok peretas yang mengacak-acak PlayStation Network (PSN) dan Xbox Live.

Musim panas ini, ia juga yang pertama yang mengabarkan tentang serangan cyber pada situs-situs Planned Parenthood dan New York Magazine, dengan tinggal di kantor The Daily Dot di New York, sepanjang malam untuk melaporkan berita tersebut.

15. Silentó, 17 tahun

Enam bulan lalu, hampir tidak ada orang yang mendengar Silentó (nama asli: Richard Lamar Hawk). Dia seorang calon rapper dari Stone Mountain, Georgia. Itu semua berubah pada tanggal 25 Juni 2015, ketika anak SMA ini mengunggah video untuk single pertama, Watch Me (Whip/Nae Nae).

Dalam seminggu, video Silentó telah ditonton sekitar 2,5 juta kali. Pada pertengahan Oktober, jumlahnya meningkat tajam menjadi lebih dari 300 juta kali. Angka tersebut melampaui video parodi selebriti yang tak terhitung jumlahnya. Video Silentó akhirnya berhasil menempati tangga tiga Billboard Hot 100.

14. Bindi Irwin, 17 tahun

Putri Terri Irwin dan mendiang bintang Crocodile Hunter Steve Irwin sudah tidak asing dengan dunia hiburan. Sejak kematian ayahnya pada tahun 2006, dia menjadi pelestari lingkungan, aktris, presenter TV dan penyanyi. Sebagian besar di negaranya di Australia.

Namun, tahun ini dia menjadi kontestan favorit di Dancing With the Stars versi AS, dan mendapat liputan eksklusif di majalah terkemuka seperti US Weekly, Telegraph, Sunday Style Australia. Dia juga mendapat liputan di berbagai blog hiburan, terutama setelah mempersembahkan tarian yang penuh emosional untuk mengenang ayahnya, yang memperoleh angka sempurna 10.

13. Olivia Hallisey, 17 tahun

Siswa sebuah SMA di Connecticut ini menemukan cara baru untuk menguji virus ebola yang tidak memerlukan pendingin atau listrik - sebuah keuntungan besar bagi daerah pedesaan yang paling terpengaruh oleh epidemi ebola. Meskipun masih memerlukan percobaan di dunia nyata sebelum benar-benar diaplikasikan, penemuan Hallisey memenangkan penghargaan tertinggi di Google Science Fair, September lalu.

12. Malala Yousafzai, 18 tahun

Tiga tahun sejak ditembak tentara Taliban ketika ke sekolah, Malala kini seorang aktivis yang memperjuangkan hak kaum perempuan untuk belajar. Beberapa bulan setelah mendapat penghargaan Hadiah Nobel Perdamaian, dia berbicara di depan Majelis Umum PBB, meminta pembebasan siswi yang diculik oleh Boko Haram, dan meluncurkan kampanye #BooksNotBullets yang mendorong politikus untuk mengalihkan dana militer untuk pendidikan global.

11. Kylie Jenner, 18 tahun

(Foto: http://www.look.co.uk)

Gadis pemalu di reality show Keeping Up With the Kardashian itu kini menjadi sosok remaja paling banyak diliput di dunia. Kylie tidak hanya tampil di televisi atau majalah, dia juga merambah dunia media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan aplikasi mobile. Jika ditotal, pengikut Kylie di media sosial telah mencapai 60 juta orang.

"Apa pun yang aku lakukan, selalu memulai tren besar," katanya kepada TIME. Tren fenomenal yang pernah dibuat Kylie adalah #KylieJennerLipChallenge di mana ribuan pengguna media sosial mencoba untuk meniru bentuk bibirnya yang sensual. Namun demikian, ia menambahkan bahwa itu bukanlah tujuannya yang sesungguhnya.

"Aku hanya ingin menginspirasi penggemarku untuk menjadi siapapun yang mereka inginkan karena itulah yang selalu aku lakukan," ujar Kylie.

Bersambung...

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

 

(im/im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section