1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATIF

Nih 30 ABG yang Paling Berpengaruh di Dunia (1)

Di usia belia, mereka sudah berbuat sesuatu yang besar.

By Ita Malau 2 November 2015 13:33
Moziah Bridges (tengah) merupakan remaja paling muda yang berpengaruh di dunia (http://mosbowsmemphis.com)

Money.id - Majalah TIME telah merilis daftar Remaja Paling Berpengaruh 2015. Dari tahun ke tahun, TIME memberikan penghargaan kepada para remaja yang memberikan dampak global dan mengarahkan dunia, baik melalui media sosial dan berita.

Berikut adalah 30 anak baru gede (ABG) yang berhasil masuk dalam daftar 'The 30 Most Influential Teens of 2015' versi TIME. Urutan dimulai dari yang paling muda:

30. Moziah Bridges, 13 tahun

Remaja Memphis ini memulai bisnis dasi kupu-kupu sendiri, Mo's Bows, pada usia 9 tahun. Sekarang, dia menjalankan perusahaan pakaian dengan penghasilan US$ 200.000 per tahun setelah tampil di acara investasi Shark Tank.

Mo's Bows kini melakukan kerja sama dengan menawarkan lisensi kepada perusahaan footwear Cole Haan dan departemen store mewah Neiman Marcus. Prestasi terbaru Bridges? Memasok dasi kupu-kupu untuk para pemain basket di NBA Draft 2015.

29. Maddie Ziegler, 13 tahun

Bintang Dance Moms yang tayang di Lifetime ini terkenal karena menari dalam video musik Sia "Chandelier," "Elastic Heart" dan, terakhir, "Big Girls Cry," yang telah ditonton lebih dari 1,4 kali di YouTube. Dia juga tampil bersama Sia dan Kristen Wiig di 2015 Grammy Awards.

Sekarang gadis Pittsburgh ini merambah ke mode; ia membuat debut runwaynya di musim gugur dengan tampil di Fall 2015 Polo Ralph Lauren Children’s Show, dan baru-baru ini berkolaborasi dengan desainer Betsy Johnson yang meluncurkan busana tari untuk Capezio. Dia juga tampil di beberapa majalah nasional, termasuk Harper Bazaar, Cosmopolitan dan Nylon.

28. Rowan Blanchard, 14 tahun

Aktris muda ini tampil bersinar pada tahun 2014 setelah berperan sebagai Riley Matthews di film Disney "Girl Meets World". Dan tahun ini, Blanchard juga terkenal karena perannya sebagai aktivis yang vokal menyuarakan penindasan terhadap perempuan. Dia menulis sebuah esai di Instagram tentang pentingnya mencegah penindasan terhadap perempuan yang dikenal dengan intersectional feminism.

Tulisannya itu mendapat lebih dari 97.000 Likes dan menuai banyak pujian dari blog feminis dan fans, seperti Emma Watson. Dia juga berbicara pada Konferensi Tahunan Perempuan PBB pada bulan Juni, di mana ia menjelaskan bagaimana ketidaksetaraan gender mempengaruhi remaja. Dalam sambutannya, ia mengungkapkan bahwa mimpi terbesarnya adalah untuk menghadiri Columbia School of Journalism.

27. Ashima Shiraishi, 14 tahun

Tebing "Open Your Mind Direct" di Spanyol dianggap sebagai salah satu rute panjat tebing yang paling sulit di dunia. Hanya orang dewasa dengan skill tinggi, yang kebanyakan atlet laki-laki, yang bisa memanjatnya.

Namun seorang gadis bernama Ashima Shiraishi, di usianya yang ke-13, mampu menyelesaikan tantangan panjat tebing tersebut awal tahun ini. Atas keberhasilannya itu, Shiraishi menjadi orang termuda dan wanita pertama yang pernah memanjat Open Your Mind Direct di Spanyol.

Dia dijuluki ratu panjat tebing dan mendapatkan pujian di majalah Outside, New York Times dan banyak lagi. Gadis kelahiran New York ini berharap bisa ikut di Olimpiade 2020 di negara asal orangtuanya Jepang - jika panjat tebing ditambahkan sebagai cabang olahraga.

26. Ahmed Mohamed, 14 tahun

Foto: Bryan Woolston/Dailymail.com

Tidak banyak orang yang bisa menciptakan kehebohan nasional dengan membawa sebuah jam buatan sendiri ke sekolah. Tapi penangkapan berbau ras terhadap siswa kelas sembilan ini, setelah guru dan pihak berwenang mengira jam digital yang dibuatnya adalah bom, memicu debat nasional.

Dukungan pun mengalir kepada Mohamed, yang secara pribadi diundang ke Gedung Putih oleh Presiden Barack Obama (yang menyebut jam buatan Mohamed "keren"). Pada bulan Oktober, ia menerima beasiswa penuh ke sekolah bergengsi di Qatar.

25. Jazz Jennings, 15 tahun

Jennings, yang mulai hidup sebagai seorang gadis sejak usia 5 tahun, tidak pernah takut untuk berbicara, mendidik orang-orang seperti Barbara Walters dan Oprah Winfrey--dan jutaan pemirsa mereka-- tentang pengalaman transgender ketika ia masih di sekolah menengah.

Tapi tahun ini, Jennings muncul sebagai figur publik, membintangi kampanye iklan untuk Clean & Clear dengan tagline: "Lihat saya yang sebenarnya". Dia juga tampil di seri semi dokumenter kanal TLC "I Am Jazz" yang pada pemutaran perdananya mampu menyedot 1,3 juta penonton.

"Hal utama yang benar-benar membuat saya termotivasi untuk terus berbagi cerita adalah bahwa saya tahu perubahan sedang terjadi, yaitu ketika saya mendengar orang-orang mengatakan bahwa saya telah mempengaruhi kehidupan mereka. Itu adalah sesuatu yang indah," kata Jennings kepada TIME pada bulan Juli lalu.

24. Chloe Kim, 15 tahun

Snowboarder Amerika ini menjadi orang termuda yang pernah memenangkan medali emas di X-Games Musim Dingin setelah ia menempati posisi pertama di acara Women's SuperPipe. Kim, yang mulai ikut kompetisi pada usia 6 tahun, dijuluki "Masa Depan Snowboarding". Karena terlalu muda untuk ikut kompetisi di Sochi, dia punya berharap bisa ambil bagian di Korea Selatan pada 2018 - yang kebetulan menjadi negara asal orangtuanya.

23. Flynn McGarry, 16 tahun

Remaja yang pernah menghiasi sampul majalah The New York Times ini telah menjadi sensasi kuliner sejak dia mendirikan klub perjamuan pada usia 11 di luar rumahnya di California. Dan sekarang, dia adalah seorang pengusaha restoran penuh dengan membuka pop-up store (toko sementara) di Manhattan.

Pop-up store McGarry hanya buka selama tiga hari. Setiap orang yang masuk toko ini harus membayar US$160 atau sekitar Rp2,1 juta per kepala untuk 14 tempat duduk.

Keberhasilan McGarry membuat beberapa profesional kuliner yang lebih tua jengkel. Mereka mengatakan McGarry tidak boleh disebut "chef" karena tanpa latihan bertahun-tahun. Tapi McGarry tidak keberatan: "Saya chef dari Eureka," katanya kepada TIME. "Saya membuat semua hidangan, saya memasak semua makanan."

22. Martin Odegaard, 16 tahun

Foto: Martin Odegaard/Youtube

Pada bulan Mei, penggemar sepakbola melihat masa depan ketika Odegaard menggantikan Pemain Terbaik Dunia 2015 Cristiano Ronaldo di paruh kedua pertandingan La Liga. Wonderkid Norwegia ini menjadi pemain termuda Real Madrid, klub sepak bola terkaya di dunia.

Odegaard menandatangani kontrak dengan Real pada bulan Januari 2015, seharga US$4 juta. Sering dijuluki "New Messi," dia bersikeras, publisitas yang berlebihan itu (hype) tersebut tidak akan membuatnya terlena.

"Jika Anda terbawa sekarang, Anda tidak akan bertahan dalam 10 tahun ke depan," kata Odegaard.

21. Amandla Stenberg, 17 tahun

Foto: Amandla Stenberg/ Youtube)

Aktris ini dikenal sebagai Rue dalam film The Hunger Games - peran yang membuatnya masuk nominasi NAACP Image Award dan Teen Choice Award. Tapi Stenberg tidak hanya menjadi bagian dari budaya populer, dia juga aktif mengkritiknya.

Untuk tugas sejarah sekolahnya, ia dan teman sekelasnya yang lain membuat video yang disebut "Don't Cash Crop My Cornrows" yang diliput secara luas oleh media. Dia meneliti bagaimana bintang pop dan ikon kulit putih mengadopsi budaya kulit hitam agar bisa terlihat keren, tapi hanya diam pada isu-isu seperti kekerasan polisi.

Stenberg tidak takut untuk mengkritik selebriti lainnya mengenai budaya populer. Pada bulan Juli ia mengkritik Kylie Jenner karena memamerkan gaya rambut cornrows-nya di Instagram, tetapi gagal untuk menggunakan "posisi kekuasaannya untuk membantu orang kulit hitam Amerika."

Bersambung...

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

(im/im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section