1. HOME
  2. INSPIRATORY
KARAOKE ARTIS

Modal Coba-coba, Bisnis Karaoke Charly Setia Band jadi Waralaba

Charly berusaha keras menghilangkan stigma negatif dari sebuah tempat karaoke.

By Adhi 27 Oktober 2015 16:05
Charly Setia Band (Erros / kapanlagi.com)

Money.id - Nama Charly Van Houten, atau Charly ST12, atau kini Charly Setia Band pastinya sudah tak asing lagi di telinga para penikmat musik tanah air. Setelah lebih dari 10 tahun malang-melintang di belantika musik Indonesia, pada 2011 lalu, Charly pun mencoba peruntungannya di bisnis karaoke.

Ya, bisnis karaoke yang mengusung brand Charly VHT Family Karaoke itu memulai debut di Bandung, Jawa Barat. Tak perlu waktu lama bagi Charly untuk mendapuk kesuksesan di bisnis karaoke. Menurut keterangannya kala itu, "Tiap hari bisa datang tamu 400-500 orang. Di dalamnya ada 10 ruangan small, 9 medium, 3 deluxe, dan 1 VIP."

Salah satu keunggulan yang ditawarkan tempat karaoke milik mantan pentolan grup band ST12 ini adalah mereka tidak menyediakan minuman keras. "Tidak ada miras, kalau kopi dari semua penjuru Indonesia ada di menu. Ini temanya keluarga, kita usahakan buat nyaman para tamu," ungkap Charly.

Selain tidak menyediakan miras, para Pemandu Lagu (PL) Charly VHT Family Karaoke juga menggunakan seragam rapi dan berkelas seperti pegawai hotel bintang lima. Hal ini, tutur Charly, dilakukan guna menghilangkan stigma negatif tempat karaoke.

Vokalis Setia Band itu juga mengatakan bahwa awalnya ia hanya coba-coba di bisnis karaoke karena diajak oleh mantan manajer ST12 kala itu. Namun, tak disangka-disangka bisnis karaoke besutannya mendapat animo positif dan bahkan, kini telah berjalam dalam model bisnis waralaba.

Charly menawarkan bisnis karaoke dengan sistem kemitraan usaha sejak 2012 lewat PT Obing Mitra Sukses sebagai pemegang lisensi waralaba. Kini, Charly VHT Family Karaoke sudah memiliki 12 cabang dan mitra di Jabodetabek, Sumatra, seperti Padang, Jambi, dan Jawa Barat.

Tak tanggung-tanggung, berdasarkan keterangan yang dilansir laman waralaba.com, paket investasi Charly VHT Family Karaoke dimulai dari Rp4 miliar-6 miliar. Jumlah tersebut termasuk bangunan dengan luas minimal di atas 500 meter persegi (untuk 20-30 room karaoke ditambah lounge), renovasi, desain interior, peralatan, dan spesifikasi standar karaoke.

Namun begitu, PT Obing Mitra Sukses juga menawarkan paket investasi lain yang dianjurkan untuk para mitra yang ingin membuka usaha di wilayah kabupaten. Paket investasi ini mempertimbangkan luas area yang bakal dijadikan tempat usaha. Per meter perseginya rata-rata dihargai Rp5 juta. Paket ini mengedepankan jumlah ruangan karaoke dan penerapan tarif menengah.

Sementara untuk pembagian hasil keuntungan, Charly mendapat jatah royalti berkisar 1 hingga 5 persen omzet mitra per bulan. Proses pembayaran royalti ini akan berlangsung selama kemitraan 5 tahun.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section