1. HOME
  2. DIGITAL
FACEBOOK

Facebook Siapkan Program Khusus untuk Pengguna Asia

Pengguna yang berada di wilayah Asia Pasifik masih menggunakan handphone dengan jaringan 2G.

By Nur Chandra Laksana 1 November 2015 18:08
Ilustrasi (socialmarket.com)

Money.id - Facebook merupakan salah satu media sosial terbesar di dunia. Sebanyak 1,44 miliar pengguna tercatat telah mendaftar di media sosial milik Mark Zuckerberg tersebut.

Sekitar 936 juta pengguna aktif setiap harinya berada di wiayah Asia-Pasifik. Jumlah yang fantastis bukan?

Jika melihat angka itu, tak heran jika Facebook bisa meraup untung hingga sebesar US$3,54 miliar (sekitar Rp45,84 triliun). Yang paling besar menyumbang penghasilan mereka adalah lewat sektor iklan digital. 

Nah, untuk pengakses terbesar Facebook sendiri masih di dominasi oleh pengguna smartphone. Pengakses terbesar kedua melalui vesri desktop, dan yang ketiga adalah penggunaan melalui mobile browser.

Untuk menaikkan pendapatan mereka, tentunya Facebook harus meningkatkan jumlah iklan. Dengan memanfaatkan jumlah pengguna terbesar mereka yang berada di Asia Pasifik, Facebook mulai memfokuskan diri di wilayah tersbut.

Namun, rencana ini tidak semulus yang direncanakan oleh Facebook. Hal ini dikarenakan kebanyakan pengguna yang berada di wilayah Asia Pasifik masih menggunakan handphone dengan jaringan 2G. Contohnya, India adalah salah satu dari sekian negara yang mayoritas pengguna handphone-nya masih berjalan di jaringan 2G.

Untuk menghadapi tantangan itu, tim Facebook mengembangkan program yang bernama 2G Tuesday, dimana para pengembang nantinya bisa memasukkan iklan di laman Facebook yang memakai jaringan 2G.

Jadi nantinya di Facebook yang masih diakses melalui jaringan 2G akan mendapatkan iklan berjalan sama seperti handphone yang yang lebih canggih, namun dengan resolusi dan kualitas yang lebih rendah tentunya. Tinggal kita pantau saja apakah cara ini efektif atau tidak untuk meningkatkan pendapatan mereka. (dhi)

(a/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section