1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Yuk, Wisata Murah Keliling Jakarta!

Cobalah berwisata murah meriah berkeliling kota ini dalam satu hari.

By Dian Rosalina 16 Januari 2016 07:30
Monas, salah satu tempat wisata di Jakarta (commons.wikimedia.org)

Money.id - Berlibur tidak melulu harus keluar kota atau tak selamanya identik dengan pengeluaran yang besar. Dengan dana yang secukupnya, Anda pun tetap bisa menikmati liburan yang menyenangkan.

Meskipun seminggu Anda telah bekerja seharian di kota Jakarta yang super sibuk, tetapi cobalah berwisata murah meriah berkeliling kota ini dalam satu hari.

Dikutip dari Jakarta Panduan Wisata, Sabtu 16 Januari 2016, ada beberapa tips yang bisa Anda dijadikan referensi bila ingin berkeliling kota Jakarta murah meriah saat weekend.

Angkutan Umum

Beberapa masyarakat cenderung berpikir angkutan umum di Jakarta tidak terlalu bagus. Dalam memilih angkutan, Anda harus tahu persis kemana tujuannya.

Bila belum mengetahui seluk beluk kota metropolitan ini, ada baiknya Anda menggunakan bus Transjakarta. Bus tersebut terhubung dengan banyak objek wisata menarik. Tarif untuk sekali naik bus tersebut adalah Rp4 ribu.

Namun perlu diingat, untuk menaiki bus Transjakarta, Anda memerlukan uang elektronik yang ada di dalam kartu smart card. Bagi yang belum memilikinya Anda bisa memperolehnya di beberapa bank seperti Bank DKI, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BCA, Bank BNI, dan Bank Mega.

Bus Wisata

Apakah Anda sudah pernah melihat bus tingkat yang sering lalu-lalang di sepanjang jalan MH. Thamrin? Ya, itu adalah bus wisata yang disediakan pemerintah kota untuk memfasilitasi para turis lokal maupun mancanegara.

Bus yang biasa disebut City Tour Jakarta ini cukup hangat diperbincangkan di kalangan masyarakat Jakarta. Keberadaannya pun sangat membantu para traveller untuk berkeliling Jakarta Pusat secara gratis.

Meskpun belum bisa menjangkau kawasan lain di Jakarta, namun keberadaan City Tour Jakarta ini bisa menjadi alternatif angkutan wisata Anda. Karena bus tersebut melewati beberapa objek wisata seperti Museum Nasional, Monumen Nasional, Istana Negara, dan masih banyak lagi.

Anda bisa menaiki bus yang diluncurkan pada 24 Maret 2014 lalu ini di halte-halte bertanda khusus Bus Wisata. Halte tersebut berada di Bundaran Indonesia tepat di samping pusat perbelanjaan Plaza Indonesia dan di depan Balai Kota Jakarta Pusat.

Tempat Wisata Murah

Memilih tempat tujuan wisata gratis bisa dijadikan salah satu upaya menekan biaya liburan Anda. Sekian banyak objek wisata yang tersebar di Jakarta Pusat, masih ada beberapa di antaranya cukup murah bahkan ada yang tidak dipungut biaya. Seperti Taman Fatahillah, di kawasan Kota Tua.

Anda bisa berjalan-jalan menyusuri kota tua sambil menikmati suasana dan bangunan-bangunan kuno disana. Anda juga bisa mengunjungi Museum Wayang, dan Museum Fatahillah.

Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau. Museum Wayang dibuka setiap hari Selasa-Minggu, jam 09.00-15.00 dengan tiket Rp2 ribu dewasa, Rp1 ribu mahasiswa dan Rp600 untuk anak-anak.

Sedangkan untuk masuk ke Museum Fatahillah, tiket masuk sebesar Rp2 ribu per orang dan dibuka untuk publik setiap hari Selasa-Minggu, dari pukul 09.00-15.00.

Makan di Kaki Lima

Menjelang malam hari, kota Jakarta riuh dengan pedagang makanan kaki lima. Di kota ber-landmark Monas ini banyak memiliki kuliner lezat.

Beberapa daerah yang dikenal dengan makanan kaki limanya diantaranya adalah kawasan Pecenongan. Daerah tersebut terkenal dengan barisan warung tenda yang menjajakan seafood lezat, lalu di Taman Menteng, dan kawasan Bendungan Hilir.

Bawa Makanan Ringan dan Air Minum

Cara ini adalah cara paling ampuh untuk mengurangi budget konsumsi untuk jajan. Soal makanan sering kali menjadi pengeluaran yang paling besar apalagi dilakukan tanta kontrol.

Membawa makanan ringan dan air minum dari rumah, selain bisa mengganjal perut yang lapar, makanan ringan yang dibuat sendiri dari rumah lebih terjamin kesehatannya. (dwq)

 

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section