1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Cara Ampuh Redakan Rasa Pedas

Para peneliti menilai air tidak cukup ampuh meredakan rasa pedas.

By Rohimat Nurbaya 10 Januari 2016 15:06
Ilustrasi cabai (Pixabay)

Money.id - Setelah mengonsumsi makanan pedas umumnya langsung meminum air putih. Para peneliti menilai cara tersebut tidak terlalu ampuh, ada cara lain lebih paten.

Dikutip dari Men's Health Minggu 10 Januari 2016, cabai mengandung sebuah senyawa bernama capsaicin, yang mana senyawa tersebut terikat pada protein pada indera perasa Anda. Senyawa itu berperan untuk merasakan panas.

Asisten profesor kimia di University of Cincinnati, Christopher Gulgas mengatakan ketika senyawa itu terikat protein, syaraf sensor Anda akan mengirimkan pesan sakit kepada otak untuk memberitahu Anda bahwa sesuatu yang panas atau pedas memasuki tubuh Anda.

Namun capsaicin mempunyai kualitas minyak yang tidak terurai di dalam air. "Jadi, meminum air putih tidak akan membantu menghilangkan rasa pedas dari mulut Anda," kata Gulgas.

Menurut dia, mengunyah es batu lebih membantu, ketika air tidak memberikan efek apapun, paling tidak rasa dingin dari es batu membantu meredakan rasa perih pada lidah, tambah Gulgas.

Kemudian, mengkonsumsi roti jauh lebih membantu. Roti akan menyerap cairan pada mulut Anda, yang akan membantu menarik molekul capsaicin dari reseptor pada lidah Anda.

"Cara terbaik untuk mengimbangi makanan pedas Anda adalah dengan susu," ujar Gulgas.

Protein pada susu yang bernama casein akan mengikat capsaicin dan akan mengangkat senyawa penyebab panas dari mulut Anda, mengalirkannya melalui sistem pencernaan dan membantu meredakan panas di mulut.

Efek tersebut akan lebih meningkat dengan susu tinggi lemak, seperti susu utuh, yogurt, dan es krim. Hal ini karena capsaicin juga bisa mengikat dengan lemak.

"Cara tersebut akan menyingkirkan rasa pedas tersebut lebih cepat," ujar dia. (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section