1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Liburan Bersama Mertua? Siapa Takut! Ini Tipsnya

Selain membuat keluarga semakin akrab, Anda akan semakin disayang oleh mertua. Ini adalah impian bagi setiap pasangan suami istri tentunya.

By Dian Rosalina 9 Januari 2016 17:33
Ilustrasi Bersama Mertua (telegraph.co.uk)

Money.id - Terkadang beberapa pasangan suami-istri selalu merasa tegang bila harus berlibur dengan mertua mereka. Namun berlibur bersama mertua Anda akan menciptakan suasana yang menyenangkan jika Anda mengetahui caranya.

Selain membuat keluarga semakin akrab, Anda akan semakin disayang oleh mertua. Ini adalah impian bagi setiap pasangan suami istri tentunya. Kadang-kadang kebanyakan pasangan yang tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup saat ingin melakukan liburan bersama mertua.

Keuntungan lain liburan bersama mertua adalah Anda dan pasangan terbebas dari mengawasi anak-anak. Karena pada umumnya, mertua lebih suka menemani cucu-cucunya daripada anaknya, yaitu Anda atau pasangan Anda.

Namun mengajak mertua ada aturannya agar liburan Anda berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Dikutip dari Telegraph, Sabtu 9 Januari 2016, berikut ini adalah 8 tips agar liburan bersama mertua jadi menyenangkan.

1. Memilih Tempat Liburan yang Menjadi Favorit Mertua

Saat ingin berlibur bersama mertua, sebaiknya Anda mencari tujuan atau tempat liburan yang menjadi kesukaan mereka. Jika Nenek dan Kakek mencintai kemewahan, mereka tidak akan tertarik dengan pantai backpacker Anda.

Tidak peduli seberapa romantis pemandangan pasir putihnya, atau bagaimana Anda menemukan kebebasan dengan mandi di lautnya. Jadi seimbangkan antara kemauan mertua dan anggaran ketika memilih tujuan liburan Anda.

2. Memberikan Perasaan Tenang pada Mertua

Jika perlu, saat mencari tempat penginapan, Anda memesankan kamar tersendiri untuk mertua. Hal ini akan memberikan mereka privasi dan ketenangan.

3. Cari Penginapan dengan Banyak kamar mandi

Anda tentu tidak ingin berlama-lama menunggu mertua yang sudah lambat gerakannya mandi. Atau sebaliknya, mertua geram dengan tingkah laku Anda yang hobi membawa gadget ke dalam kamar mandi dan berlama-lama di dalamnya karena bermain game sambil duduk di toilet.

4. Mobil Sebaiknya Juga Terpisah

Ini salah satu persiapan penting jika Anda mengajak mertua pergi berlibur. Seperti kata Jerry Seinfeld, "Tidak ada yang menyenangkan dengan sebuah keluarga besar. Tidak ada es krim gratis untuk dibagi."
Dengan masing-masing memiliki ruang dan petualangan yang terpisah di sepanjang perjalanan, tidak hanya akan mengurangi ketegangan satu sama lain, tetapi membuat obrolan di waktu malam menjadi lebih menarik.

5. Atur Hanya Berapa Orang yang Ikut Liburan

Ada titik kritis ketika memilih restoran untuk makan malam berubah menjadi sebuah kekacauan, hanya karena terlalu banyak orang dewasa merasa berhak untuk menentukan pilihan. Bahkan perdebatan tentang ke mana, kapan dan bagaimana, akan terus berlangsung hingga Anda melakukan penerbangan pulang.

6. Berikan Perhatian yang Lebih kepada Mertua

Seperti kepada orang tua Anda sendiri, mertua adalah bagian penting dalam kehidupan rumah tangga Anda. Jadi beri mereka perhatian dan liburan adalah waktu yang tepat untuk mendekatkan diri dan mendapat pujian. Mesti terdengar pamrih, tapi ini penting untuk menjaga hubungan dengan mertua.

7. Murah Hati terhadap Mertua

Tidak hanya dalam hal keuangan, murah hati juga bisa dalam bentuk memberikan kebebasan kepada mertua untuk melakukan apa yang mereka suka atau kerjakan. Jika ibu mertua sedang menjaga cucu-cucunya, jangan suka mengajari tentang waktu tidur mereka.

Biarkan mertua melakukan dengan cara mereka sendiri. Cobalah untuk bersikap baik kepada mertua selama liburan karena anak-anak Anda pasti akan merindukan mereka.

8. Biarlah Mertua Mengambil Alih Kegiatan

Beberapa orang tua tidak merasa senang jika semua urusan Anda yang menanganinya. Mereka lebih suka diberi 'jatah' kontribusi untuk membuat liburan semakin menyenangkan. Bila demikian, biarlah mereka mengambil alih beberapa urusan atau kegiatan.

Jika ibu mertua pintar masak, minta beliau membuat masakan untuk bekal liburan. Jika bapak mertua pandai bercerita tentang masa lalunya yang hebat, minta beliau untuk mendongeng di saat semua anggota keluarga berkumpul. Hal ini akan menciptakan keakraban dan kebahagiaan selama menjalani liburan.


Suka Artikel Ini? Klik Like

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section