1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Kebiasaan Buruk Ini Bikin Tangan Terlihat Tua

Jangan sering-sering menggunakan pembersih tangan atau hand sanitizer.

By Azalia Amadea 9 Januari 2016 07:18
Ilustrasi kulit tangan menua (Foto: rjschinner.com)

Money.id - Kebanyakan wanita melupakan perawatan tangan dan malah lebih fokus merawat wajah. Padahal tangan juga membutuhkan perawatan agar tidak menua seperti keriput, bintik-bintik, dan kering.

Ada beberapa hal dalam keseharian yang mungkin Anda juga pernah melakukannya, dan berdampak buruk bagi kulit tangan. Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang dapat menggambarkan kepribadian seseorang.

Apalagi ketika saat Anda berjabat tangan dengan orang lain, mungkin akan timbul rasa malu jika tangan terasa kasar dan kering.

Kulit tangan membutuhkan kelembaban yang cukup, hal tersebut dapat dilakukan dengan salah satunya rajin mencuci tangan. Namun usahakanlah menggunakan sabun pencuci tangan dengan bahan alami agar kulit telapak tangan tidak kering.

Dilansir dalam laman Boldsky.com berikut kebiasaan buruk yang dapat membuat kulit tangan cepat menua dan terasa kering serta kasar:

Jarang memakai pelembab

Bukan hanya wajah yang membutuhkan pelembab, tangan juga. Pelembab dapat membantu menjaga kelembaban tangan agar tetap lembut dan tidak kering.

Gunakan pelindung tabir surya

Penggunaan tabir surya juga dapat melindungi tangan dari kekeringan, akibat terkena sinar matahari. Kulit tangan lebih mudah menua dibandingkan dengan kulit wajah, jika Anda tidak rutin mengoleskan krim pelindung tabir surya.

Jangan sering menggunakan hand sanitiser

Keseringan menggunakan pembersih tangan atau hand sanitizer, tidak baik bagi kulit tangan. Pembersih tangan tersebut mengandung berbagai bahan kimia yang dapat diserap tubuh dan tentunya merusak kulit.

Rutin mengoleskan minyak

Kelembaban kulit tangan juga dapat dijaga dengan cara, rajin mengoleskan minyak ke tangan, sebelum tidur. Jenis minyak yang baik untuk digunakan seperti minyak kelapa dan minyak zaitun.

Mencuci pakaian dengan tangan

Kebanyakan wanita mencuci pakaian dengan tangan langsung, padahal bahan kimia yang terkandung dalam deterjen sangat berbahaya bagi tangan. Bahan kimia yang menyerap kekulit tangan dapat mengurangi jumlah minyak pada tangan.

Tentunya hal tersebut dapat membuat kulit tangan cepat menua, kering, dan terkelupas.

Perawatan

Perawatan tangan dapat dilakukan dengan cara manicure. Lakukan perawatan ini sebulan sekali untuk mendapatkan kulit tangan yang bersih bersinar.

Namun jangan lakukan itu lebih dari sebulan sekali, karena akan membuat tangan mudah kering. (ita)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section