1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Banyak Konsumsi Vitamin Ini Membuat Anda Berhenti Merokok

Merokok membuat tubuh kekurangan banyak vitamin C sehingga kesehatan perokok menjadi lemah.

By Dian Rosalina 10 Januari 2016 09:00
Ilustrasi Merokok

Money.id - Jika salah satu resolusi tahun ini adalah berhenti merokok, berarti Anda berada di halaman yang tepat. Karena menurut seorang ahli terkemuka, mengkonsumsi suplemen vitamin C dapat membantu perokok untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Dilansir dari Mirror.co.uk, Minggu 10 Januari 2016, Jonathan Evans, seorang ahli kesehatan dan pendiri perusahaan suplemen MANFLU di Inggris, mengatakan sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh American Council of Science and Health menunjukkan vitamin C sangat efektif dalam menghentikan kebiasaan merokok.

Menurut Evans merokok membuat tubuh kekurangan banyak vitamin C sehingga kesehatan perokok menjadi lemah.

"Hanya satu batang rokok merampas sekitar 25 mg vitamin C dari tubuh Anda, kira-kira setara dengan satu buah jeruk. Penurunan jumlah vitamin C dalam tubuh memengaruhi jaringan lunak dalam tubuh dan berkontribusi pada timbulnya penyakit gusi," kata Evans.

Tubuh akan membutuhkan beberapa waktu agar kadar vitamin C bisa kembali normal bahkan meski perokok telah berhenti merokok. "Vitamin C mendukung kelenjar adrenal ketika Anda berhenti merokok, sehingga membantu tubuh dalam mengatasi stres - ini alasan penting jika Anda ingin berhenti," katanya.

Evans menambahkan memperbanyak vitamin C dengan mengkonsumsi suplemen dapat membantu perokok yang sedang dalam proses berhenti merokok. Komentar Evans mendapat dukungan dari badan penggiat anti-merokok Inggris, ASH.

Statistik yang dipublikasikan oleh University of Copenhagen pada September 2015 lalu menemukan bahwa dari 82 non-perokok dan 149 perokok, kadar vitamin C-nya terus berkurang.

ASH menegaskan bahwa meningkatkan asupan vitamin akan membantu menghentikan kebiasaan merokok. Selain itu juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Vitamin lain yang diduga membantu seseorang untuk berhenti merokok adalah vitamin B1, yang dapat bisa menstabilkan suasana hati, dan vitamin B2, yang membantu tubuh memproduksi sel darah merah sehat.

Sel darah merah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh sehingga otak penuh dengan oksigen. Dengan jumlah oksigen yang melimpah di otak, tubuh akan sehat dan pikiran menjadi tajam.

Salah satu efek dari berhenti merokok di dua minggu pertama adalah selalu merasa lelah. Karena itulah seorang perokok yang mulai berhasil menghentikan kebiasaannya dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi vitamin B6.

"Dua minggu pertama tanpa rokok sering menjadi hari-hari yang paling sulit bagi perokok. Mereka mengalami perasaan tidak enak atau kurang nyaman yang sering membuat mereka kembali merokok," ujarnya.

Maka dari itu, jika suplemen vitamin C bisa memberikan pengaruh signifikan, itu layak dipertimbangkan.

Siapkah Anda untuk berhenti merokok?


Suka Artikel Ini? Klik Like

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section