1. HOME
  2. FRESH
FRESH

5 Pantai Tersembunyi di Lombok

Di pantai ini ada ritual tahunan setiap Februari-Maret dan cukup menarik diikuti, yaitu Bau Nyale.

By Stella Maris 3 Januari 2016 10:52
Gili Lampu di Lombok, Nusa Tenggara Barat (pasirpantai.com).

Money.id - Pulau Lombok menjadi salah satu ikon pariwisata Indonesia karena hampir semua pantainya memiliki tempat menawan, bagi para wisatawan domestik dan asing.

Namun selain pantai Gili Senggigi, Gili Lampu, dan Selong, ternyata ada pantai cantik tersembunyi di lainnya di Pulau Lombok. Apa saja?

Pantai Mawun
Pantai ini berbentuk tapal kuda ini memiliki dua bukit, di bagian Timur dan Barat. Warna laut yang biru, hamparan pasir putih bertekstur lembut di bagian tengah pantai, membuat pantai ini terlihat menawan.

(agussetiawanblogspot.com)

Bila Anda adalah orang yang menyukai pemandangan atau lanskap, cobalah naik ke puncak bukit. Dari tempat Anda berdiri, dapat terlihat cakrawala Samudera Hindia.

Pantai Mawun terletak di sebuah teluk di bagian selatan Lombok. Dari Kota Mataram, Anda dapat mengunjungi pantai Mawun dengan kendaraan pribadi sekitar 1,5 jam perjalanan.

Pantai Tanjung Aan
Tanjung Aan merupakan pantai unik karena memiliki dua jenis pasir, yaitu pasir lada dan pasir putih. Panjang garis pantai Tanjung Aan sekitar satu kilometer.

 

Bila Anda terus berjalan dari Barat Timur, butiran pasir lada lebih kecil dan bentuknya lebih halus daripada pasir di Timur. Proses gradasi batu air laut, menjadi potongan-potongan kecil dan hanyut oleh air laut.

Hal itulah yang menyebabkan volume pasir di Tanjung Aan lebih bertambah. Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat ini, cukup berkendara dari Kota Mataram, karena lokasi pantai terletak di bagian selatan Kuta, Lombok Tengah.

Pantai Batu Payung
Selain Senggigi, ada pantai lain yang tak kalah indah, yaitu Pantai Batu Payung di Lombok Tengah.

Pantai tersebut memiliki karang besar mirip payung di pesisirnya. Pantai ini pun disebut-sebut menjadi primadona wisatawan.

(gililombok.com)

Untuk menuju ke pantai ini, dari Pantai Tanjung Aan, Anda dapat menyusuri pantai sekitar 30 menit atau naik perahu dari Pantai Tanjung aan selama 15 menit.

Pink Beach
Terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Nama lain Pink Beach adalah Pantai Tangsi, karena memiliki warna pasir yang didominasi oleh warna pink.

Warna merah muda diketahui dari pecahan karang merah muda. Paparan sinar matahari terhadap air laut dan pasir membuat pantai luar biasa indah, dan tebing di sekitar pantai bahkan membuat pantai lebih menarik.

(yukpegi.com)

Dari tebing, Anda dapat menikmati pemandangan laut dan suara ombak yang pasti membuat Anda berdecak kagum.

Kekayaan bawah laut pantai ini juga menawan. Tidak perlu menyelam ke kedalaman tertentu, Anda hanya perlu untuk snorkeling dan Anda akan melihat berbagai kehidupan laut di pantai ini

Pantai Seger
Pantai Seger juga memiliki garis pantai yang sama dengan Pantai Kuta. Tak hanya pemandangan alam yang indah, Anda juga bisa menikmati pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Bagi Anda yang suka berenang dan snorkeling, Pantai Seger Lombok adalah tempat yang tepat.

(transportasiwisatalombok.com)

Pantai ini memiliki bagian pesisir air yang tenang dan menjadi lokasi tepat untuk snorkeling. Namun bagi Anda yang suka tantangan seperti berselancar, ada bagian pantai yang memiliki gelombang indah.

Pantai Seger terletak sekitar dua kilometer dari Pantai Kuta Lombok. Di pantai ini ada ritual tahunan setiap Februari-Maret dan cukup menarik diikuti, yaitu Bau Nyale. Kegiatan utama ritual ini adalah berburu cacing laut atau nyale. Ritual tersebut merupakan tanda penghormatan masyarakat setempat pada Putri Mandalika.

 

 

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section