1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ubah Pola Makan Agar Tak Terserang Osteoporosis

Makanan ini dapat mencegah Anda dari osteoporosis.

By Azalia Amadea 4 Januari 2016 18:37
Ilustrasi makanan pencegah osteoporosis (Foto: osteoporosismedications.link)
Osteoporosis adalah suatu kondisi di mana kepadatan dan kekuatan tulang menurun, secara medis tulang menjadi rapuh. Hal ini juga dapat meningkatkan risiko patah tulang. 
 
Penyakit ini disebut sebagai 'silent disease' karena tidak ada gejala awal yang ditunjukkan. Risiko terserang osteoporotis biasanya pada wanita berusia di atas 40 tahun.
 
Umumnya penyakit ini disebabkan karena faktor keturunan, gizi buruk, merokok, aktivitas fisik, dan kekurangan berat badan. Asupan kalsium yang kurang juga dapat menjadi penyebab osteoporosis.
 
Dalam kasus penderita osteoporosis yang mereka butuhkan adalah nutrisi bagi pembentukan tulang seperti vitamin D, vitamin K, magnesium, dan zat seng.
 
Dilansir dalam laman boldsky.com pada Senin 4 Januari 2016 berikut daftar makanan sehat pencegah osteoporosis. 
 
Ikan 
Foto: nutritionstyle.net
 
Ikan merupakan makan sempurna untuk melawan osteoporosis, karena kaya kalsium yang baik untuk tulang.
 
Jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita osteoporosis adalah ikan sarden dan ikan salmon, karena jenis ikan tersebut merupakan sumber terbesar kalsium. 
 
Yogurt
 
Foto: telegraph.co.uk
 
Yogurt merupakan sumber kalsium, vitamin, dan nutrisi yang baik bagi kesehatan tulang. Yogurt juga mengandung vitamin D yang dapat mencegah terjadinya osteoporosis.
 
Probiotik yang terkandung dalam yogurt juga dapat melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh, sehingga kesehatan usus juga dapat terjaga. Probiotik juga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. 
 
Susu
Foto: bbcgoodfood.com
 
Meminum susu secara teratur merupakan cara terbaik mengurangi gejala osteoporosis. Susu memiliki kandungan kalsium, protein, karbohidrat, dan vitamin yang dapat mencegah penyakit osteoporosis.
 
Kandungan-kandungan tersebut juga mencegah penuaan dini, mengurangi reaksi terhadap alergi, dan menyembuhkan luka lebih cepat.
 
Telur
Foto: besthomechef.com.au
 
Telur kaya akan vitamin, kalsium, selenium, dan folat yang berfungsi melindungi kesehatan tulang, rambut, dan kuku. Protein alami yang dihasilkan telur dapat mencegah resiko terkena osteoporosis. 
 
Kubis
Foto: ecowatch.com
 
Kubis merupakan sumber serat, vitamin, asam folat, mineral, zat besi, dan magnesium yang pastinya membuat tulang tetap sehat dan kuat.
 
Kubis juga kaya akan vitamin K yang dapat membantu proses metabolisme tulang dan mencegah terserangnya penyakit Alzheimer.
 
Pisang
Foto: organicfacts.net
 
Pisang juga efektif mencegah osteoporosis. Mengonsumsi pisang secara teratur dapat membantu memberikan asupan kalsium serta nutrisi penting bagi kesehatan tulang.
 
Pisang juga dapat melindungi tubuh dari serangan terhadap penyakit kanker, diabetes, morning sickness pada wanita hamil dan menurunkan tingkat depresi. 
 
Kacang-kacangan
Foto: medicaldaily.com
 
Kacang-kacangan kaya akan vitamin D, kalsium, serat dan antioksidan. Kacang-kacangan dianggap sebagai makanan terbaik bagi penderita osteoporosis. Makanan ini juga kaya akan folat yang berperan penting dalam perkembangan sel-sel darah merah. (els)
 
Suka Artikel Ini? Klik Like
 

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section