1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Kenali 4 Penyebab Penuaan Dini

Justru ada satu masalah kulit yang sedang membayangi Anda seiring bertambahnya umur. Ya, penuaan dini.

By Dian Rosalina 3 Januari 2016 11:36
Ilustrasi Penuaan Dini (naturalon.com)

Money.id - Sebagai seorang wanita, wajah tentunya aset utama untuk menampilkan seperti apa dirinya. Maka dari itu banyak perawatan yang harus dilakukan rutin untuk tetap menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Bagi Anda wanita berumur 20 tahunan, jerawat agaknya bukan lagi masalah utama kulit yang harus ditakuti. Justru ada satu masalah kulit yang sedang membayangi Anda seiring bertambahnya umur. Ya, penuaan dini.

Dikutip dari Sariayu.com, Sabtu 2 Januari 2016, banyak tanda-tanda penuaan dini yang tidak Anda sadari sebelumnya. Seperti keriput pada ujung mata, flek hitam, pori-pori membesar dan lingkarang hitam pada kantung mata Anda.

Maka untuk Anda yang menginjak umur 20 tahun, sangat penting untuk mulai memperhatikan hal tersebut. Namun tidak banyak yang tahu penyebab utama penuaan dini, padahal Anda berpikir bahwa umur pun masih muda, bukan?

Berikut ini adalah penyebab utama yang harus dihindari agar tidak mengalami penuaan dini:

Merokok

Rokok bisa dibilang adalah racun yang secara tidak langsung Anda hirup sehari-hari. Meskipun bukan perokok aktif, perokok pasif pun bisa terkena efeknya. Selain dapat merusak kesehatan, kandungan zat pada rokok juga sangat berpengaruh terhadap kecantikan kulit wajah Anda.

Misalnya nikotin, zat aktif pada rokok ini bila dikonsumsi dalam jumlah banyak ternyata dapat membuat kulit menjadi kusam, kering serta kasar. Menurut sebuah penelitian, rokok terbukti dapat mengurangi kadar vitamin A dalam tubuh yang bermanfaat sebagai antioksidan dan meregenerasi kulit mati pada wajah Anda.

Kurangnya asupan nutrisi

Pada era modern dan dinamis ini, orang selalu dituntut untuk selalu cepat mengerjakan sebuah pekerjaan. Hingga tidak bisa dipungkiri, waktu makan pun harus direlakan. Pada akhirnya Anda harus memesan makanan cepat saji.

Makanan cepat saji tentunya tidak memiliki kandungan nutrisi yang cukup bagi tubuh dan kulit Anda. Selain itu radikal bebas dan sinar matahai langsung pun bisa merusak kulit wajah.

Satu-satunya cara untuk mengimbanginya adalah memakan makanan yang mengandung asupan nutrisi yang sehat dari makanan. Contohnya sayur-sayuran hijau, buah-buahan dengan kandungan mineral, vitamin, dan antioksidannya.

Radikal bebas

Radiasi sinar matahari, polusi udara, dan asap kendaran serta asap rokok adalah jenis-jenis radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Tidak hanya itu zat ini juga memicu penuaan dini pada kulia wajah Anda. Jangan dianggap remeh, ya!

Sebab, zat ini dapat merusak kolagen kulit, membentuk flek-flek hitam hingga membuat kulit kehilangan fungsinya dalam meregenerasi sel-sel kulit mati.

Lupa membersihkan Make up

Bagi Anda yang memiliki segudang aktivitas, tertidur dalam keadaan wajah masih menggunakan make up pasti sering Anda alami. Tahukah Anda, hal-hal kecil seperti inilah yang ternyata dapat menjadi penyebab kulit wajah Anda mengalami penuaan dini.

Karena pada malam hari, kulit mengalami proses regenerasi alami. Oleh karena itu membersihakan wajah dari sisa make up adalah hal yang wajib, agar wajah dapat bernapas. (ita)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section