1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Gerakan-gerakan Mixed Martial Arts yang Sedang Digandrungi

Mixed Martial Arts (MMA) seni bela diri yang populer di tempat pusat kebugaran.

By Azalia Amadea 14 Januari 2016 16:31
Mix martial arts (Foto: resolvefitness.com.au)

Money.id - Seni bela diri campuran atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mix Martial Arts (MMA) adalah salah satu jenis olahraga kontak yang memperbolehkan berbagai teknik pertarungan, seperti pergumulan, tendangan, dan pukulan.

Gerakan MMA mengkombinasikan teknik dari berbagai cabang seni bela diri untuk melumpuhkan lawan.

Baru-baru ini MMA masuk sebagai salah satu jenis olahraga bela diri yang juga diajarkan di tempat fitness atau gym.

Di Indonesia MMA masuk pada tahun 2002 berupa tayangan pertarungan yang ditayangkan oleh stasiun televisi swasta.

Semenjak fitness atau gym menjadi gaya hidup sebagaian orang, seni bela diri ini tidak lagi menjadi sebuah pertandingan resmi melainkan jenis olahraga yang siapapun bisa lakukan.

Dilansir dari berbagai laman, berikut enam gerakan Mixed Martials Arts (MMA) yang populer di pusat kebugaran.

Boxing

Foto: rockbottomgolf.com

Tinju atau boxing merupakan kemampuan dasar yang dimiliki banyak petarung MMA. Boxing adalah olahraga dan seni bela diri yang menampilkan dua orang partisipan dengan berat yang serupa bertanding satu sama lain.

Dengan menggunakan tinju, mereka bertanding satu atau tiga menit yang disebut ronde.

Apabila dalam kelas boxing di pusat kebugaran, para member tidak akan melakukan pertandingan, namun lebih kepada pelatihan.

Berlatih meninju yang benar dan berlatih beberapa gerakan tinju dengan didampingi instruktur khusus.

Muay Thai

Foto: wikimedia.org

Muay Thai merupakan seni bela diri keras yang sudah ada di kerajaan Thailand. Muay thai mirip dengan gaya seni bela diri lain dari Indocina, dan mirip dengan seni bela diri boxing.

Muay Thai disebut sebagai "Seni Delapan Tungkai" atau "Ilmu Delapan Tungkai" karena tehniknya sangat sarat menggunakan pukulan, tendangan, siku dan serangan lutut, sehingga penggunaan delapan "titik kontak."

Sama halnya dengan seni bela diri boxing pengajaran di pusat kebugaran Anda akan didampingi instruktur untuk mempelajari gerakan-gerakan dasar seperti pukulan (Chok), siku lengan (Tee sok), tendangan (Tae), lutut (Tee kao), dan dorongan kaki (Teep).

Jiu Jitsu

Foto: wikipedia.org

Jiu jitsu adalah nama dari aliran bela diri dari Jepang. Jiu Jitsu atau Jujutsu pada dasarnya adalah bentuk-bentuk pembelaan diri yang bersifat defensif dan memanfaatkan "Yawara-gi" atau teknik-teknik yang bersifat fleksibel, di mana serangan dari lawan tidak dihadapi dengan kekuatan, melainkan dengan cara "menipu" lawan agar daya serangan tersebut dapat digunakan untuk mengalahkan dirinya sendiri.

Dari seni beladiri Jujutsu ini, lahirlah beberapa seni beladiri lainnya yang mempunyai konsep defensif serupa, yaitu Aikido dan Judo, keduanya juga berasal dari Jepang.

Judo

Foto: judostyle.com

Judo adalah seni bela diri, olahraga, dan filosofi yang berakar dari Jepang. Judo dikembangkan dari seni bela diri kuno Jepang yang disebut Jujutsu.

Pada tahun 1882 Judo dikembangkan oleh Kano Jigoro, pemain Judo disebut judoka atau pejudo.

Biasanya cabang bela diri ini populer sebagai cabang resmi olimpiade. Jika ingin berlatih Judo sebaiknya berlatih di pusat kebugaran khusus pelatihan Judo yang juga sudah banyak tersebar di Indonesia.

Capoeira

Foto: stylecraze.com

Capoeira adalah sebuah sistem bela diri tradisional yang didirikan di Brasil oleh budak-budak Afrika yang dibawa oleh orang-orang Portugis ke Brasil untuk bekerja di perkebunan-perkebunan besar.

Jika dipusat kebugaran seperti gym biasanya Capoeira diajarkan dalam kelas "Body Combat", di mana kelas tersebut memang khusus fokus pada gerak-gerakan bela diri.

Gerakan dalam Capoeira melatih kelenturan tubuh serta mengencangkan otot-otot tangan dan kaki terutama paha, karena banyak menggunakan gerakan kuda-kuda. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section