1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Tumit Pecah-Pecah? Ini Tipsnya

Retak pada kulit tumit dapat semakin dalam, menyebabkan pendarahan bahkan infeksi.

By Dian Rosalina 9 Desember 2015 10:22
Ilustrasi Tumit Kaki (thefitindian.com)

Money.id - Di musim hujan, udara semakin lembab membuat kulit gampang kering. Bagian kaki adalah bagian tubuh yang jarang diperhatikan oleh para wanita.

Kurangnya cairan dalam tubuh juga penyebab tumit kaki Anda kering. Selain itu, pemakaian sandal jepit pun bisa jadi pemicunya.

Berjalan atau berlari tanpa alas kaki yang menutupi tumit, juga memicu keretakan di kulit tumit. Parahnya lagi keretakan dapat semakin dalam dan menyebabkan pendarahan bahkan infeksi. Selain tidak cantik, itu juga menyakitkan, bukan?

Dikutip dari PopSugar, Rabu 9 Desember 2015, ada beberapa cara mencegah kulit kering di bagian tumit.

Rendam Kaki
Sebelum tidur, rendamlah kaki Anda dalam air hangat selama 15-20 menit. Kemudian gosok tumit dan daerah kering lainnya dengan batu apung, dan agar tak iritasi, Anda harus berhati-hati.

Lalu bilas dan keringkan dengan cara ditepuk-tepuk. Kegiatan ini perlahan akan mengelupaskan sel kulit mati Anda.

Pelembab
Tidak hanya wajah saja yang harus menggunakan pelembab, kaki pun demikian. Setelah merendam kaki, terapkan krim untuk kaki, salep, body butter, atau pelembab yang memiliki efek kuat.

Lalu gunakan kaus kaki sebelum tidur. Itu akan melindungi kaki dari kekeringan, terlebih bila Anda menggunakan AC di kamar tidur.

Gunakan sepatu
Untuk mencegah tumit kering, pakailah sepatu karena itu membantu untuk menjaga kelembaban kulit Anda. Minum air putih yang cukup untuk membantu melembabkan tubuh Anda dari dalam. Meski musim hujan, kegiatan tersebut tidak boleh terlewatkan.

Temui Dokter
Bila semua perawatan yang Anda lakukan tersebut tidak bekerja dengan baik, sebaiknya Anda temui dokter kulit. Dokter lebih mengetahui perawatan apa yang tepat untuk menghilangkan tumit kering Anda. (el)

 

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section