1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Rahasia Mencicipi Kopi Tubruk Nusantara

Ada pantangan selama sepekan yang harus dilakukan.

By Stella Maris 6 Desember 2015 12:27
Secangkir kopi hitam (Pixabay).

Money.id - Indonesia adalah negara ketiga penghasil kopi terbaik di dunia, terutama kopi jenis arabika. Kopi arabika lebih kaya rasa, namun tak mudah untuk merasakan cita rasa yang terdapat dalam setiap cangkir kopi yang dicicipi.

Diketahui ada beberapa karakteristik rasa kopi arabika, yaitu aroma, acidity, body, dan flavour. Keempat cita rasa itu sulit dirasakan bila Anda hanya meminum secangkir si kopi nusantara alias single origin saja.

Iwan Setiawan, Juara Indonesia Latte Art Champhionship 2014 menjelaskan, bagi Anda yang ingin membedakan cita rasa single origin yang satu dengan lainnya, ada cara yang harus dilakukan para pecinta kopi pemula.

"Kopi yang enak itu sebenarnya selera lidah dan pengalaman hidup yang bisa menjelaskan cita rasa kopi. Oleh karena itu harus sering-sering coba kopi (single origin)," kata Iwan saat berbincang dengan Money.id beberapa waktu lalu.

Dia menyarankan, bagi Anda yang ingin menikmati karakteristik kopi sebaiknya selama sepekan puasa tembakau lebih dulu. "Pantangannya nggak ngerokok, nggak banyak makan pedas, dan santan," jelas dia.

Bukan hanya itu saja, selama seminggu Anda disarankan mengonsumsi air putih. Itu dilakuan demi menetralisir lidah, agar ketika mencicipi berbagai jenis kopi, Anda dapat langsung mengenali cita rasanya.

"Orang awam sebaiknya melakukan hal tersebut dan sebelum nyeruput kopi, bersihkan lidah dengan minum putih lebih dulu."

 

 

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section