1. HOME
  2. FRESH
FRESH

8 Penyakit yang Dirasakan Akibat Kurang Tidur

Orang yang kurang tidur memiliki kulit yang lebih kusam dan lingkarang di bawah mata. Lalu kemampuan mental juga ikut menurun.

By Dian Rosalina 4 Desember 2015 20:45
Ilustrasi kurang tidur (www.sitkes.com)

Money.id - Bisa tertidur dengan nyenyak adalah sesuatu hal yang patut disyukuri. Karena banyak orang mengalami gangguan tidur.

Selama Anda tertidur, semua organ tubuh dibersihkan dari racun-racun sehingga pada siang hari mereka dapat bekerja dengan baik.

Tidur juga berkhasiat untuk menjaga kulit agar tetap dalam keadaan baik. Namun efek kurang tidur sangat berpengaruh pada kesehatan Anda.

Kebanyakan orang yang melakukan shift malam dalam pekerjaannya memiliki banyak masalah kesehatan.

Efek yang pertama terlihat pada kulit. Orang yang kurang tidur memiliki kulit yang lebih kusam dan lingkarang di bawah mata. Lalu kemampuan mental juga ikut menurun.

Masih banyak gangguan kesehatan lainnya yang dirasakan ketika Anda kurang tidur. Seperti nyeri pada tubuh, kelelahan, berat badan naik, stres dan lain-lain.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh tidur yang tidak benar, dikutip dari Boldsky, Jumat 4 Desember 2015:

Diabetes

Kurang tidur dapat meningkatkan keinginan untuk makan makanan manis dan junk food di siang hari.

Untuk mendapatkan rasa nyaman karena kurang tidur, orang-orang cenderung memakan makanan berkarbohidrat tinggi.

Hal tersebut membuat mereka lebih rentan terkena tekanan gula darah yang tinggi dan diabetes. Ini adalah salah satu efeknya.

Osteoporosis

Osteoporosis adalah keadaan di mana kepadatan tulang mulai melemah. Tidur kurang dari enam jam sehari terus menerus dapat menyebabkan seseorang mengidap penyakit tersebut.

Karena komposisi mineral tulang juga menurun. Hal ini menyebabkan nyeri sendi dan tulang. Anda pun rentan terkena patah tulang.

Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur menyebabkan kanker payudara dan risiko jenis kanker lainnya.

Radikal bebas yang merusak sel-sel dan menyebabkan kanker tidak bisa dihilangkan dari tubuh secara efektif karena kurang tidur.

Racun-racun tersebut berkembang di dalam tubuh, kemudian selanjutnya memberikan kontribusi terhadap penyakit serius ini.

Serangan jantung dan stroke

Selama tidur, oran tubuh Anda memperbaiki dan mengeluarkan racun-racun. Inilah alasan bahwa Anda harus minum air di pagi hari.

Racun-racun tersebut akan keluar dari tubuh melalui air yang Anda minum. Namun, orang yang kurang tidur memiliki risiko tekanan darah tinggi, serangan jatung dan stroke.

Kehilangan memori

Efek kurang tidur dapat dirasakan oleh otak Anda juga. Otak akan segar dan beregenerasi selama tidur. Namun bila Anda kurang tidur, otak Anda akan merasa lelah.

Hal tersebut akan menyebabkan beberapa memori hilang dan Anda akan semakin lemah dalam mengingat.

Inkontinensia urine

Penyakit ini muncul saat Anda merasakan dorongan untuk buang air kecil tetapi tidak dapat melakukannya. Kondisi ini juga disebabkan oleh kurang tidur.

Kecemasan dan depresi

Kurang tidur adalah faktor utama timbulnya stres dan depresi. Kortisol akan keluar dalam tubuh lebih banyak. Hormon ini menempatkan pikiran bawah sadar dengan tekanan yang bahkan dapat menyebabkan depresi.

Berat badan naik

Tidak hanya makanan berlemak saja yang membuat berat badan Anda naik. Kurang tidur dapat menyebabkan keinginan untuk makan makanan yang tidak sehat. Seperti pizza, burger, minuman ringan, dan sebagainya.

Anda akan cenderung makan makanan tersebut lebih sering dan pada akhirnya akan menyebabkan berat badan Anda naik. Tingkat kolesterol Anda juga ikut naik. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section