1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Tren Kecantikan Baru Korea: Membentuk Otot

Kini banyak wanita Korea yang mulai pergi ke gym untuk meningkatkan otot dan kesehatan fisik.

By Dian Rosalina 4 Desember 2015 18:00
Ilustrasi Gym (soompi.com)

Money.id - Korea Selatan telah dikenal sebagai negara yang banyak menghasilkan produk kecantikan kulit. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Oleh sebab itu, banyak wanita di Korea Selatan selalu terobsesi untuk tampil cantik.

Namun, obesesi tersebut tidak hanya untuk kecantikan wajah saja tetapi kini banyak wanita Korea yang mulai pergi ke gym untuk meningkatkan otot dan kesehatan fisik.

Sebagai sebuah negara yang menjadi trendsetter dalam produk kecantikan dan operasi plastik, kebugaran wanita telah menjadi sebuah bisnis yang sedang tumbuh.

"Sebelumnya banyak wanita yang memilih kelaparan untuk menurunkan berat badan mereka. Namun sekarang mereka memilih olahraga," kata Selebriti Trainer Ray Yang dikutip dari Reuters, Jumat 4 Desember 2015.

Di Korea Selatan, industri kosmetik menyumbang US$12 miliar atau setara Rp161 triliun. Diikuti produk rumah tangga seperti Amorepacific Corp dan LG Household, produk kesehatan, serta dari kebudayaan (musik pop, dan drama).

Pada bulan Juli lalu, Olive Young, kepala departemen kesehatan dan kecantikan yang dimiliki CJ Corp, mulai menjual produk kesehatan yang diperuntukkan untuk wanita. Termasuk dumb-bells dan bola gym mini. Penjualan barang-barang tersebut naik sembilan persen di tahun ini.

Seperti negara-negara Asia lainnya, penggambaran wanita cantik di Korea seperti harus bertubuh langsing, berkulit putih, dan sopan. Hal tersebut memperkuat stereotip gender dalam masyarakat yang didominasi oleh laki-laki.

Meski begitu, sampai saat ini bisnis kebugaran belum menjadi prioritas bagi para wanita Korea. Mereka masih menjadikan operasi plastik sebagai cara yang dinilai ampuh. Operasi plastik di Korea menyumbang US$5 miliar atau sekitar Rp670 triliun dari pasar global.

"Wanita masih berpikir bahwa olah otot akan memiliki efek samping atau efek negatif pada tipe tubuh dan penampilan mereka," ujar Kim Min-Jeong, Profesor Ilmu Olahraga Global, Hankuk University Of Foreign Studies.

Saat ini jumlah pusat kebugaran yang ada di Korea Selatan terus meningkat lebih dari lima persen yaitu 7.363 outlet, seiring banyaknya para selebriti wanita Korea Selatan mulai berolahraga.

"Selebriti wanita dengan gambaran tubuh yang sehat menjadi populer di media massa dalam beberapa tahun terakhir. Jadi saya pikir tubuh yang sehat akan menjadi trend baru," katanya. (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section