1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Alasan Buku Mewarnai Bagus untuk Kesehatan Mental

Selain untuk kesehatan mental, buku mewarnai juga baik untuk emosi dan intelektual orang dewasa.

By Azalia Amadea 5 Desember 2015 16:42
Iustrasi mewarnai (Rattleandmum.co.za)

Money.id - Mewarnai adalah aktivitas kreatif yang biasanya dilakukan anak-anak. Namun akhir-akhir ini, aktivitas mewarnai juga dilakukan oleh orang dewasa. Tentu saja buku mewarnainya juga berbeda.

Menurut Dr. Nikki Martinez, Psy.D., LCPC dari BetterHelp, buku mewarnai untuk orang dewasa dapat mengurangi stres, memperbaiki kesehatan mental dan emosi. Tidak hanya itu, buku mewarnai juga bagus untuk kesehatan intelektual orang dewasa.

Selain alasan di atas, seperti dilansir dalam laman huffingtonpost.com, Sabtu 5 Desember 2015 berikut tujuh fakta tentang kegiatan mewarnai untuk orang dewasa merupakan aktivitas yang menyenangkan dan menyehatkan.

1. Psikolog terkenal Carl Jung adalah pencetus mewarnai buat orang dewasa.

Jung sepertinya selalu berada di depan dari zamannya. Dia sudah memikirkan bagaimana cara membantu pasiennya utnuk mengakses alam bawah sadar mereka dan menemukan pengetahuan baru. Jika banyak psikolog akan menawarkan solusi meditasi sebagai relaksasi, maka Jung meminta pasiennya untuk mewarnai buku mewarnai sebagai media perawatan pasien dengan berbagai masalah mental dan emosi.

2. Aktivitas mewarnai buat orang dewasa dapat membantu pasien dengan sejumlah masalah kesehatan emosional dan mental. Bagi banyak pasien, kebosanan, kurangnya struktur, dan stres adalah pemicu terbesar yang mereka miliki. Hal ini berlaku untuk individu dengan gangguan obsesif-kompulsif, gangguan kecemasan, gangguan stres, gangguan depresi, gangguan makan dan kecanduan alkohol, masalah manajemen kemarahan, dan masalah penyalahgunaan narkotika.

3. Mewarnai buat orang dewasa dapat membantu individu yang memiliki masalah gangguan mental pasca-trauma (PTSD), kecemasan, dan stres, karena ketiganya yang menenangkan amigdala. Amigdala adalah bagian dari otak yang mengontrol respons melawan atau menyerah, dan membuat individu selalu dalam keadaan khawatir, panik, dan kewaspadaan yang tinggi, saat aktif. Mewarnai dan fokus dalam aktivitas yang tidak berbahaya dan menenangkan ini benar-benar dapat menurunkan tingkat respons, dan membiarkan otak mendapat istirahat dan relaksasi yang sangat dibutuhkan.

4. Mewarnai juga membangkitkan masa-masa menyenangkan saat masih anak-anak. Kegiatan yang semuanya tampak sederhana, mudah dan menyenangkan. Mewarnai membawa pasien ke suatu waktu ketika kita tidak memiliki banyak tanggung jawab, dan hanya melakukan sesuatu yang kita inginkan, yang menyenangkan. Dengan begitu, pasien akan bisa keluar dari tekanan dan kekhawatiran. Meski hanya beberapa jam, namun memiliki efek yang sangat bagus dalam proses penyembuhan.

5. Percaya atau tidak, mewarnai memiliki manfaat intelektual juga. Aktivitas mewarnai menggunakan area otak yang meningkatkan fokus dan konsentrasi. Selain itu dapat membantu otak dalam pemecahan masalah dan keterampilan organisasi. Lobus depan otak bertanggung jawab atas semua kegiatan tingkat tinggi dan fungsi otak. Dan mewarnai gambar akan mengaktifkan semua sifat-sifat tersebut.

6. Mewarnai menggunakan kedua belahan otak, kanan dan kiri. Ketika berpikir tentang keseimbangan, pilihan warna, menyapukan pensil berwarna di atas kertas, semua bekerja untuk pemecahan masalah dan keterampilan motorik halus. Mewarnai juga sangat berguna untuk terapi okupasi.

7. Aktivitas ini bisa dianggap sebagai metode lain untuk melatih kesadaran penuh, yang memiliki manfaat terapeutik dan kesehatan. Mewarnai dapat membantu individu mengganti pikiran negatif dengan yang positif dan menyenangkan. Melakukan terapi karya seni dapat membantu mengurangi perasaan cemas dan ketidaknyamanan yang berhubungan dengan perawatan medis yang panjang.

Buku mewarnai untuk orang dewasa jelas memiliki berbagai tujuan yang bermanfaat. Aktivitas ini jauh dari sekadar mencari ketenangan, tetapi juga melatih fokus, menjadi alat terapi, relaksasi, menenangkan, sebagai alat pemecahan masalah, dan meningkatkan keterampilan berorganisasi. (dwq)

 

 

 

 

 

 

Buku mewarnai untuk orang dewasa jelas memiliki berbagai tujuan yang bermanfaat. Aktivitas ini jauh dari sekadar mencari ketenangan, tetapi juga melatih fokus, menjadi alat terapi, relaksasi, menenangkan, sebagai alat pemecahan masalah, dan meningkatkan keterampilan berorganisasi.

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section