1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Studi: Kopi Lindungi Anda dari Penyakit Diabetes

Kopi merupakan minuman yang sangat kompleks dengan ratusan senyawa yang berbeda.

By Stella Maris 7 Desember 2015 08:03
Pemeriksaan gula darah (Hufingtonpost).

Money.id - Baru-baru ini sebuah studi menunjukkan bahwa kopi memiliki komponen tertentu yang melindungi seseorang dari diabetes tipe 2. Hal itu dibuktikan dalam studi yang dipublikasikan dalam American Chemical Society Journal of Natural Products.

Ketika seseorang menderita diabetes, tubuhnya resisten insulin dan kadar gula darah menjadi tidak teratur. Para peneliti dari Aarhus University Hospital di Denmark akhirnya meneliti dua senyawa yang terdapat pada kopi, yaitu cafestol dan asam caffeic.

Dikutip laman Time, Minggu 6 Desember 2015 dua senyawa tersebut diuji kepada tikus. Para peneliti menemukan bahwa cafestol meningkatkan gula darah dalam sel. Sementara cafestol dan asam caffeic meningkatkan sekresi insulin.

Kenyataan ini menunjukkan, keduanya bisa menjadi komponen yang membuat kopi bermanfaat sebagai pelindung diabetes tipe 2. Manfaat ganda dari cafestol inilah yang menarik perhatian para peneliti.

Meski demikian, sejak studi ini dilakukan pada sel tikus, para peneliti masih harus melanjutkan temuannya itu hingga akhirnya terkonfirmasi kebenaran atau pembuktikan dari dua senyawa pada kopi.

Namun para peneliti berpendapat bahwa kemungkinan komponen lain dalam kopi juga ikut berperan. Alasannya karena kopi merupakan minuman yang sangat kompleks dengan ratusan senyawa yang berbeda.

Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan obat yang lebih baik untuk penyakit diabetes. (ita)

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section