1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Wajib Tahu, Ini Alasan Mengapa Tubuh Jadi Gemuk

Obesitas juga dapat disebabkan oleh faktor lingkungan.

By Putri Nabilla 29 November 2015 19:03
Ilustrasi mengkur lingkar pinggang

Money.id - Memiliki tubuh gemuk kerap kali menimbulkan berbagai pertanyaan. Salah satu yang ada di benak Anda, sebenarnya apa yang menyebabkan tubuh gemuk?

Seperti dilansir dari boldsky.com pada Minggu 29 November 2015, sebuah penelitian menunjukkan obesitas telah meningkat pesat sejak tahun 80-an.

Meskipun para ilmuwan berfokus pada kesalahan dalam berdiet, obesitas juga dapat disebabkan oleh faktor lingkungan.

Berikut merupakan hal-hal yang menjadi pemicu tubuh menjadi gemuk.

Kalori

Alasan mengapa kita menjadi gemuk adalah karena kita memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori bukannya memilih untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan banyak mengandung protein serta nutrisi.

Di antaranya adalah makanan cepat saji, cokelat, es krim, daging, minuman soda atau segala sesuatu yang manis.

Kurang tidur

Begadang atau tidak cukup istirahat adalah alasan mengapa menjadi gemuk. Karena sesungguhnya tubuh kita membutuhkan jumlah yang baik dari tidur untuk membantu tubuh menerima energi.

Jika tubuh kekurangan energi, itu karena kita tidak memenuhi waktu untuk beristirahat selama delapan jam.

Tidur larut malam juga membuat Anda berpeluang lebih besar untuk mengonsumsi makanan ringan di malam hari sehingga menambah timbunan kalori di dalam tubuh.

Stres

Berat badan Anda juga dapat dipengaruhi oleh pikiran atau tingkat stres. Orang yang stres, akan cenderung tidak teratur dalam mengkonsumsi makanan.

Karena tubuh akan menjadi tegang dan memproduksi hormon yang bernama kortisol. Hormon ini menjadi penyebab utama meningkatnya nafsu makan sehingga membuat Anda dengan mudah menyantap makanan apapun untuk menenangkan diri. Stres tidak hanya mempengaruhi tubuh, tetapi juga mempengaruhi organ-organ.

Minyak sehat

Dalam keseharian, ada baiknya Anda memakai minyak yang sehat. Penggunaan minyak nabati dan hewani untuk makanan adalah salah satu alasan utama mengapa kita menjadi gemuk.

Kedua minyak memiliki kandungan tinggi kalori yang menambah berat badan. Hal ini juga membuat tubuh terasa berat dan lesu.

Cara terbaik untuk memilih minyak sehat adalah menggantinya dengan minyak zaitun dan minyak kelapa.

Olahraga

Tidak pernah berolahraga, maka sudah dipastikan Anda tidak membakar kalori. Kalori yang ada di tubuh akan diam dan tidak terbakar sehingga menimbun lemak, ini adalah salah satu penyebab obesitas.

Setidaknya Anda harus banyak bergerak melakukan aktivitas supaya makanan yang Anda konsumsi akan terbakar. Karena dengan berolahraga tubuh akan menjadi lebih segar dan sehat.

Minuman soda dan gula

Sebagian dari Anda pasti gemar meminum soda, hal ini merupakan hal yang harus dikurangi atau bahkan dihilangkan, karena soda merupakan salah satu pemicu kegemukan.

Kemudian penggunaan gula termasuk pada minuman sehat jus buah, lebih baik Anda menggantinya dengan madu, jangan gunakan gula pasir.
Kandungan pemanis di dalam madu dan gula berbeda, dan sebaiknya tambahkan madu daripada gula.

Liburan

Jika diperhatikan, waktu liburan akan menjadikan asupan Anda tidak terkontrol dan menjadikan kesempatan memakan tinggi kalori yang Anda suka. Ini juga yang menjadi faktor kenaikan berat badan.

Junk food

Makanan junk food (makanan sampah) sudah menjadi kecintaan banyak orang. Makanan sampah banyak mengandung garam, gula, lemak, kalori tinggi dan zat aditif, tetapi memiliki kadar nutrisi, vitamin, mineral dan serat yang rendah.

Konsumsi makanan sampah secara teratur dapat mengarah ke penambahan berat badan dan masalah kesehatan lainnya.

Makanan sampah di antaranya gorengan, makanan kalengan, makanan manis beku, olahan keju, makanan dengan daging berlemak dan jeroan. (poy)

(da/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section