1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Makanan Terbaik Sesuai Usia Anda

Bila telah melewati usia 20 tahun, Anda berpotensi terkena berbagai penyakit.

By Desy Afrianti 7 Desember 2015 11:08
Buah-buahan/Pixabay

Money.id - Makanan memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Makanan dapat membuat Anda sehat dan juga menyebabkan sakit.

Mengkonsumsi makanan yang tidak baik seperti makanan berminyak, olahan, kemasan, junk, atau makanan mengandung pemanis buatan akan memperburuk kesehatan.

Namun, usia juga penting dalam menentukan jenis makanan yang baik. Bila telah melewati usia 20 tahun, Anda berpotensi terkena berbagai penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas, kolesterol tinggi dan lainnya. Anda yang memiliki riwayat keluarga menderita penyakit tersebut, maka risiko terkena akan lebih besar.

Seperti dikutip dari Boldsky, Senin 7 Desember 2015, mengkonsumsi makanan tidak sesuai dengan umur akan menimbulkan masalah.

Sebab laju metabolisme menurun pada usia tertentu, sehingga tubuh akan menyimpan kelebihan kalori menjadi lemak.

Hal ini juga membuat Anda lebih rentan terkena penyakit. Jadi selalu makanlah makanan yang sesuai dengan usia Anda.

Usia 20 tahun

Jika berada di usia 20 tahun, maka Anda bisa makan semua jenis makanan, tetapi tetap menjaga keseimbangan.

Pada usia ini metabolisme Anda tinggi dan tubuh bekerja dengan baik. Namun, tetap makan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Kulit Anda akan bersinar dengan memakan makanan ini.

30 tahun

Anda harus mengurangi makanan yang dapat meningkatkan gula darah atau kadar kolesterol. Dalam usia 30 tahun, Anda berisiko terkena diabetes, kolesterol, obesitas dan penyakit akibat gaya hidup lainnya.

Makan banyak serat seperti biji-bijian, gandum, sereal, buah-buahan, dan sayuran. Juga menghindari makanan sampah, olahan dan makanan berminyak.

Umur 40 tahun

Ketika berumur 40 tahun, Anda harus makan makanan yang kaya akan antioksidan. Makanan anti oksidan diperlukan untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh.

Makanlah buah tomat, delima, ceri, dan lainnya. Buah-buahan itu akan memasok antioksidan yang cukup bagi tubuh. Hindari makanan yang menyebabkan gas dan perut kembung seperti daging merah, makanan olahan, pasta dan sebagainya.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section