1. HOME
  2. FRESH
FOOD

8 Manfaat bila Anda Sering Konsumsi Buah Ini

Jambu biji merupakan buah lezat kaya manfaat bagi kesehatan.

By Putri Nabilla 8 Desember 2015 09:00
Guava atau buah jambu biji ( pixabay )

Money.id - Psidium guajava atau jambu biji merupakan tanaman tropis yang berasal dari Brasil. Buah ini disebarkan ke Indonesia melalui Thailand.

Buah hijau dengan daging berwarna merah ini kaya serat, tinggi vitamin C, vitamin A, dan banyak mengandung air.

Seperti dilansir dari lifehack.org pada Senin 7 Desember 2015, banyak manfaat yang didapat jika mengonsumsi jambu biji, di antaranya yaitu:

Kulit sehat

Jambu biji mengandung empat kali lebih banyak Vitamin C dari jeruk. Vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jambu juga memiliki vitamin E yang memelihara, meremajakan dan menghidrasi kulit.

Memakan jambu setiap hari akan melindungi Anda dari flu dan kulit sehat terhidrasi, karena jambu mengandung kadar air 81 persen per buah.

Suasana hati

Setelah menjalani aktivitas seharian terkena panasnya sinar matahari, segelas jus jambu akan membantu Anda menyeimbangkan suasana hati. Jus jambu juga menyeimbangkan hormon dan meningkatkan energi.

Asupan rutin jambu biji ini dapat menurunkan kecemasan dan meningkatkan suasana hati (mood) Anda.

Fokus

Jambu biji ini kaya akan B3 dan B6. Buah jambu biji dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan membantu mempertajam fokus Anda.

Kandungan B3 membantu tubuh mengubah protein, karbohidrat dan asam lemak menjadi energi. Peran B6 yakni sebagai nutrisi kompleks. Menguatkan sistem kekebalan tubuh dalam sintesis limfosit (sejenis leukosit) dan antibodi.

Baik untuk mata

Buah ini mengandung vitamin A sepuluh kali lipat dari jumlah buah lemon, yang berperan penting untuk kesehatan mata.

Tidak hanya itu, jambu biji juga dapat membantu Anda dalam pembalikan degradasi penglihatan dan pencegahan penyakit mata seperti katarak.

Rambut sehat

Jambu biji membantu penyerapan banyak vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan air dalam jambu biji serupa dengan buah semangka.

Hal ini merupakan kunci utama dalam hidrasi yang membantu Anda dalam mendapatkan pertumbuhan rambut sehat dan kuat.

Rileks

Konten magnesium dalam jambu biji membantu mengendurkan otot yang tegang dan relaksasi pada saraf.

Mengkonsumsi buah jambu biji matang atau jus setelah beraktivitas dapat menjadi bagian dari terapi kecil untuk rileksasi.

Manfaatnya juga mencakup penurunan kolesterol, tekanan darah sementara, dan menghilangkan migrain.

Bila mengkonsumsinya secara teratur, ini dapat membantu Anda meningkatkan sirkulasi darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh.

Pencernaan

Jambu biji sangat kaya serat dan kadar kalium yang dapat mengikat lemak. Memakan buah ini secara teratur akan membantu membersihkan sistem pencernaan Anda.

Jambu biji mengandung kalium hampir sama dengan jumlah yang dimiliki buah pisang. Sifat zat buahnya membersihkan perut sementara sebagai anti-oksidan guna membuang kotoran.

Tekanan darah

Buah jambu biji cukup rendah kalori (68 kalori per 100gram). Jika Anda menyertakannya dalam diet, maka jambu akan berkontribusi pada penurunan tekanan darah tinggi.

Membantu menurunkan kolesterol jahat yang mencegah penyakit jantung dan hipertensi.

Kemampuan jambu biji untuk mengurangi tekanan darah disebutkan dalam studi 1993 yang diterbitkan dalam Journal of Human Hipertensi.

Justru jambu biji membantu meningkatkan kolesterol baik dan konten lycopene yang ditemukan dalam warna pink pada daging jambu, yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. (poy)

(pn/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section